Lifestyle

5 Tips Menghadapi Kekecewaan, Atur Ekspektasi dan Jangan Salahkan Diri Sendiri

Kezia Kevina Harmoko

Posted on January 19th 2022

Selama hidup pasti kita pernah merasakan kekecewaan dong. Entah karena gak bisa mencapai suatu target atau seseorang yang kita harapkan justru gak memenuhi ekspektasi. Meski kekecewaan sulit buat sepenuhnya dihindari, kita bisa kok meminimalisir dampaknya. Berikut lima tips-nya dari psikolog Barbara Greenberg, seperti yang dilansir Psychology Today.

Evaluasi ekspektasi kita

Kadang yang bikin kita kecewa itu karena ekspektasi kita nggak sesuai dari kenyataan. Eits, jangan menyalahkan diri sendiri. Begini. Tiap orang punya batasan kemampuan masing-masing. Kita harus menyesuaikan ekspektasi kita dengan kemampuan orang lain juga.

Misal kita berharap si doi balas chat cepat. Namun, ternyata kemampuan doi balas chat itu terbatas karena dia lagi banyak kegiatan. Nah, kalau kita sudah tahu kemampuan seseorang, kita bisa sesuaikan ekspektasi deh.

Jangan pendam perasaan kecewa

Kalau kamu dilanda kekecewaan, jangan pendam perasaan tersebut. Kalau di kepalamu mulai muncul kalimat-kalimat menyalahkan diri sendiri, segera stop. Segala hal nggak bisa selalu berjalan mulus. Banyak hal yang nggak bisa kita kontrol. Kamu bisa menuangkan perasaanmu dengan menulis atau bercerita ke orang yang bisa dipercaya.

Lakukan aktivitas yang menenangkan

Mungkin kamu baru diperlakukan nggak sesuai harapan. Mungkin kamu baru aja menghadapi kenyataan bahwa kamu gagal melakukan sesuatu. Well, masih ada waktu buat menghibur diri. Coba pikirkan apa yang bikin kita tenang. Entah itu melakukan hobi, curhat, jalan-jalan, apa pun itu. Nggak ada salahnya kok memanjakan diri sejenak.

Temukan penyebab dari kekecewaan

Dari kekecewaan, kita harus lihat apa yang jadi penyebabnya. Kalau kita kecewa sama seseorang, sadari apakah orang tersebut memang memahami apa yang ia harus lakukan. Evaluasi apakah kita berharap pada orang yang benar. Sadari apakah kita harus lebih jelas dalam mengungkapkan ekspektasi kita.

Evaluasi hubungan yang terus menimbulkan kekecewaan

Kalau kekecewaan datang dari suatu hubungan atau orangnya itu-itu aja, coba evaluasi hubungannya. Apakah memang hanya kita yang punya ekspektasi terlalu tinggi atau pihak lain yang gak punya effort untuk mewujudkannya? Ambil langkah untuk mengomunikasikan ekspektasi kita atau kalau sudah sering dilakukan… mungkin memutuskan hubungan adalah jalan terbaik.

Nah, itu dia beberapa tips menghadapi kekecewaan. Kalau kamu merasa kekecewaan yang kamu rasakan sangat intens dan mengganggu keseharianmu, gak ada salahnya kok buat berkonsultasi ke tenaga profesional. You’re worthy! (*)

Gambar: iwat1929/Freepik

Related Articles
Lifestyle
5 Langkah Sederhana Menghadapi Duka atau Kehilangan saat Pandemi

Lifestyle
Sedih Karena Kepergian Idola? Wajar kok! Ini Alasan dan Tips Menghadapinya

Lifestyle
Hedonic Treadmill, Kondisi yang Bikin Kita Gak Bisa Lama Rasakan Bahagia