Tech

Meski Komponen Sulit, Apple Kembali Jadi No. 1 di Pasar Smartphone Global

Jingga Irawan

Posted on January 19th 2022

Apple kembali ke posisi teratas di pasar smartphone global, yang sebelumnya diungguli oleh Samsung pada pertengahan tahun 2021. Kebangkitan Apple dikaitkan dengan keberhasilan iPhone 13 dan kinerja perusahaan yang solid di Tiongkok, pasar smartphone terbesar di dunia.

Hal itu juga membuktikan bahwa perusahaan raksasa tetap tak terlalu terpengaruh secara keseluruhan oleh kekurangan dan kemacetan komponen produksi.

Pangsa pasar Apple secara keseluruhan meningkat dari 12 persen menjadi 23 persen sejak akhir 2021. Sementara penurunan sebelumnya sebagian disebabkan oleh kesulitan perusahaan memenuhi permintaan di sejumlah wilayah.

“Pasokan produksi Apple mulai pulih, tetapi masih terpaksa memangkas produksi di kuartal 4 (akhir tahun 2021) di tengah kekurangan komponen utama dan tak dapat membuat cukup iPhone untuk memenuhi permintaan,” kata analis Sanyam Chaurasia.

“Di pasar yang diprioritaskan, perusahaan mempertahankan waktu pengiriman yang memadai, tetapi di beberapa pasar pelanggannya harus menunggu untuk mendapatkan iPhone terbaru.”

Samsung, sementara itu, turun ke urutan kedua, dari 23 persen menjadi 20 persen dari total pasar. Sementara pabrikan Tiongkok, seperti Xiaomi, Oppo dan Vivo melengkapi lima besar pada akhir tahun 2021.

Masalah kelangkaan komponen smartphone berdampak besar pada produsen. Berdasarkan angka yang baru dirilis dari firma analis pasar Canalys, pengiriman global hanya tumbuh 1 persen pada akhir tahun 2021.

Canalys juga memperhitungkan penyebaran Covid-19 berkat varian Omicron, yang telah membuat sejumlah wilayah kembali lockdown. Mereka mengatakan dampak kondisi itu paling besar terjadi di antara produsen komponen kecil di pasar, karena sulit menemukan pemasok baru.

Menurut wakil presiden Canalys, Nicole Peng, produsen komponen sudah menambah produksi tambahan, tetapi masih akan membutuhkan waktu bertahun-tahun bagi proyek besar untuk meningkatkan kapasitas chip secara signifikan.

“Perusahaan smartphone juga sudah berinovasi untuk menyesuaikan keadaan mereka sebaik mungkin, menyesuaikan spesifikasi perangkat dengan bahan yang tersedia, mendekati pembuat chip  baru untuk menjaga pasokan komponen hingga memfokuskan lini produk pada model terlaris dan rilis produk baru,” kata Nicole. (*)

Foto: AFP

Artikel Terkait
Tech
Android Sering Terasa Sangat Panas? Ini Mungkin Penyebabnya

Tech
Apple Resmi Rilis Seri iPhone 13 dan Jajaran Produk Lain

Tech
Xiaomi Salip Apple sebagai Vendor Smartphone Terbesar Kedua di Dunia