Current Issues

Kanal Berita Salah Tampilkan Video 'Salam Dari Binjai vs Bono' di Berita Tsunami

Delima Pangaribuan

Posted on January 18th 2022

Rakyat Twitter Indonesia lagi geger setelah menemukan adanya kesalahan penggunaan video untuk berita. Sebuah kanal berita luar negeri tampak mengabarkan tentang kejadian tsunami di Tonga. Namun, alih-alih video di daerah bencana, berita tersebut justru menampilkan video YouTube asal vlogger Indonesia, 'Salam dari Binjai vs Salam dari Bono'.

Kesalahan penggunaan video ini kemudian diberitakan oleh Reuters. Video itu pertama kali salah diunggah oleh seorang jurnalis bernama Siraj Noorani di akun Twitter-nya. Noorani menulis, "Tak disangka #Tsunami #HungaTongaHungaHaapai" pada 15 Januari 2022 pukul 14.50 WIB.

Video 'Salam dari Binjai vs Salam dari Bono' ini kemudian tersirkulasi di jagat Twitter. Rata-rata warganet luar negeri yang membagikannya ulang. Salah satunya menulis di caption, "Erupsi gunung berapi bawah laut di negara Pasifik #Tonga kemarin menyebabkan gelombang #Tsunami yang menghantam pesisir dan orang-orang berlarian ke dataran yang lebih tinggi."

Dalam video YouTube asal Indonesia tadi, memang terlihat tiga orang sedang ngevlog di Pantai Ogis di tepi Sungai Kampar, Riau. Satu orang tengah meninju-ninju pohon pisang, kemudian dua orang lainnya berjalan di pasir. Ketika ombak datang, mereka berlarian ke tanah yang lebih tinggi sambil terus ngevlog. 

Parahnya, sebuah kanal berita luar negeri yakni 9 News turut menggunakan footage tersebut dan disiarkan di televisi. Tayangan ini kemudian dibagikan oleh warganet asal Indonesia @IbnuTasrip. "Ini sungguhan, ini bukan meme, ini sungguhan," cuit Ibnu.

Reuters kemudian menaikkan berita yang menegaskan bahwa video itu bukanlah tsunami di Tonga. "Reuters menelusuri video tersebut di YouTube dan terunggah pada 6 Desember 2021, lebih dari sebulan yang lalu," tulis media tersebut. Jika dicek ke Twitter, pihak Twitter pun telah memberikan keterangan bahwa "Video ini salah konteks".

Ada-ada saja ya, vlog warga Riau bisa 'nyasar' di berita luar negeri... (*)

(Foto: YouTube, @IbnuTasrip)

Related Articles
Current Issues
Trump Segera Rilis Platform Media Sosial, Tertarik Join?

Current Issues
Facebook, Twitter, Snapchat dan YouTube Kompak Batasi Aktvitas Medsos Trump

Current Issues
Hai Konten Kreator, IGTV Bakal Bisa Dimonetisasi loh