Tech

Ada Aplikasi yang Bantu Astronot Mengambil Foto Bumi, Pengguna Umum Bisa Akses!

Jingga Irawan

Posted on January 18th 2022

Para astronot Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) kerap memposting foto-foto bumi yang mengesankan dari ruang angkasa. Beberapa dari kalian mungkin bertanya-tanya bagaimana para astronot bisa secara akurat mengabadikan area globe yang mereka lewati. Bahkan tak sedikit yang menduga bahwa itu hanya buatan semata.

Untungnya, salah satu astronot telah buka suara untuk menjelaskannya.

Matthias Maurer merupakan ilmuwan material yang menjadi bagian dari European Special Agency (ESA) dan terkenal karena foto-foto dataran bumi yang dia bagikan di media sosial.

Melalui media sosial, Mathias menjelaskan alat apa yang mereka gunakan di luar angkasa untuk mendapat foto-foto seperti itu. Terlepas dari kamera yang bagus, astronot juga harus mengetahui momen apa itu dan tempat yang tepat untuk mendapatkan gambar.

Untuk mengetahui di mana mereka berada di atas Bumi dan agar tak melewatkan kesempatan untuk mengambil foto, para astronot ISS menggunakan aplikasi GolSSWatch dan peta virtual NASA untuk mendukung tujuan pengambilan gambar.

Aplikasi GolSSWatch bukan untuk penggunaan eksklusif astronot, karena semua pengguna iPhone dan iPad dapat mengunduhnya secara gratis melalui App Store. Fungsi utama platform ini untuk menunjukkan posisi ISS yang tepat terhadap Bumi, jadi orang-orang di planet ini dapat menggunakannya untuk melacak lintasan modul ruang angkasa secara langsung.

“Ini juga menunjukkan kondisi cuaca dan tujuan pengamatan Bumi untuk mendapatkan foto yang sempurna," jelas Matthias.

Dan tak cukup hanya mengetahui di mana mereka berada, tetapi mereka harus menemukan momen yang ideal untuk mengambil foto dan wilayahnya.

Aplikasi ini juga diprogram untuk melaporkan momen ketika ISS dapat diamati dengan mata telanjang dengan langit cerah dari Bumi.

Para penggemar ruang angkasa disarankan untuk menggunakan instrumen seperti teleskop atau teropong untuk mengamati lebih baik, dan aplikasi akan memberikan notifikasi  jika kalian ingin melihatnya.

Untuk pengguna Android ada alternatif lain yang disebut 'ISS Detector’ yang dapat diunduh di Google Play Store dan punya fungsi yang sama.

Aplikasi lain seperti 'ISS Live Now' menawarkan pengalaman yang sama menariknya, karena dengan itu orang akan dapat mengamati transmisi video langsung yang disiarkan dari Stasiun Luar Angkasa.

Dengan cara yang sama, fungsi ini mempunyai fitur seperti Google Street View untuk menjelajahi fasilitas internal Stasiun dan dengan demikian melakukan tur virtual tempat astronot tinggal dan bekerja.(*)

 

Artikel Terkait
Tech
NASA Tunda Pendaratan Manusia di Bulan Hingga 2025

Tech
SpaceX Berencana Meluncurkan 52 Misi Sepanjang 2022

Tech
Amerika Serikat Perpanjang Operasi Stasiun Luar Angkasa ISS Hingga 2030