Sport

Kalahkan Salah dan Messi, Robert Lewandowski Jadi Pemain Pria Terbaik FIFA 2021

Dwiwa

Posted on January 18th 2022

Robert Lewandowski dinobatkan sebagai Pemain Pria Terbaik dalam FIFA Awards 2021. Striker Bayern Munich itu berhasil mengungguli pesaingnya bintang PSG Lionel Messi dan pemain depan Liverpool Mohamed Salah.

Striker Polandia ini berhasil mempertahankan gelar Pemain Pria Terbaik FIFA yang juga didapat pada tahun sebelumnya. Dilansir Euro Sport, sepanjang 2021 Lewandowski sudah mencetak 69 gol di semua kompetisi.

“Saya sangat terhormat memenangkan tropi ini. Saya sangat bangga. Saya merasa sebang karena tropi ini juga milik rekan satu tim saya, untuk pelatih saya, karena kami semua bekerja keras untuk memenangkan pertandingan, untuk memenangkan trofi,” ujar Lewandowski usai namanya diumumkan sebagai pemenang oleh presiden FIFA Gianni Infantino.

Kesuksesan terbaru Lewandowski datang setelah dia mengukir sejarah di Bundesliga dengan melampui rekor 40 gol yang telah bertahan 49 tahun. Dia mencetak 41 gol dalam 29 pertandingan untuk memecahkan rekor gol Gerd Muller sebelumnya dalam satu tahun kalender.

“Saya tidak pernah bermimpi memecahkan rekor Gerd Muller ini, untuk mencetak 41 gol dalam 29 pertandingan,” ujarnya. “Jika kalian menanyakan itu kepada saya beberapa tahun lalu, saya katakan tidak, tida mungkin mencetak begitu banyak gol di Bundesliga.”

Lewandoswki mengakhiri pidato penerimaannya dengan memberikan penghormatan kepada Muller, yang meninggal Agustus lalu pada usia 75 tahun.
“Saya juga mengucapkan terima kasih kepadanya karena tanpa dia itu tidak mungkin. Dia mendapat begitu banyak rekor dan bagi saya dan generasi pemain selanjutnya itu adalah langkah berikutnya, untuk ada di sana, memecahkan rekornya,” kata Lewandowski.

Sementara itu, meskipun Cristiano Ronaldo tidak berada dalam nominasi sebagai pemain terbaik tahun ini, tetapi dia juga mendapatkan penghargaan. Hal itu karena pemain Portugal ini sukses menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di dunia sepak bola internasional (level negara) tahun lalu.

Berikut daftar lengkap pemenang FIFA Awards 2021:

- Pemain Terbaik: Robert Lewandowski (Bayern Muenchen, Polandia)

- Kiper Terbaik: Edouard Mendy (Chelsea, Senegal)

- Pelatih Terbaik: Thomas Tuchel (Chelsea)

- Pemain Putri Terbaik: Alexia Putellas (Barcelona, Spanyol)

- Kiper Putri Terbaik: Christiane Endler (Paris Saint-Germain, Chile)

- Pelatih Putri Terbaik: Emma Hayes (Chelsea)

- Gol Terbaik / Puskas Award: Erik Lamela (Tottenham Hotspur)

- Fan Awards: Suporter timnas Denmark dan Finlandia 

- Fair Play Award: Skuad dan tim medis timnas Denmark

- Special Award: Cristiano Ronaldo (Portugal) dan Christine Sinclair (Kanada)

Foto: Getty Image via Euro Sport

Artikel Terkait
Sport
Singkirkan Messi dan Ronaldo, Lewandowski Jadi Pemain Terbaik FIFA 2020

Sport
FIFA Umumkan Nominasi Pemain Team of the Year, Yuk Pilih Favoritmu

Sport
Klasemen Liga Champions Pekan Ini: Kemenangan Barcelona dan Rekor Messi