Tech

Walmart Ikut Bangun Metaverse, Punya Rencana Jual Barang Virtual

Jingga Irawan

Posted on January 17th 2022

Walmart sudah bersiap-siap untuk melompat ke metaverse. Pengajuan merek dagang baru menunjukkan perusahaan akan membuat Non-Fungible Tokens (NFT) dan cryptocurrency sendiri.

Menurut laporani CNBC, raksasa ritel itu mengajukan beberapa merek dagang pada 30 Desember 2021. Mereka berencana menjual barang virtual, termasuk peralatan elektronik, mainan, peralatan olahraga, pakaian, dekorasi rumah, dan banyak lagi.

Ada juga yang menyebutkan kalau Walmart mulai menawarkan mata uang digital kepada pelanggan, serta peluang untuk membeli dan menjual NFT.

Sementara itu, pengajuan lain merinci kemungkinan kelas olahraga yang berlangsung di dunia augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Perusahaan dikabarkan membuat pengajuan terpisah untuk penggunaan nama dan logonya di VR serta AR.

Seperti yang ditunjukkan Bloomberg, Walmart juga mengajukan merek dagang untuk nama "Verse to Home," "Verse to Curb," dan "Verse to Store," petunjuk bahwa Walmart mungkin sedang mempersiapkan pengalaman belanja virtual.

Pengajuan tersebut tersedia untuk umum di situs Kantor Paten dan Merek Dagang AS, beberapa di antaranya terdaftar dengan nama “Walmart Connect,” sebuah divisi periklanan digital perusahaan.

“Walmart terus mengeksplorasi bagaimana teknologi yang muncul dapat membentuk pengalaman berbelanja di masa depan,” kata juru bicara Walmart Carrie McKnight kepada The Verge.

“Kami tak memiliki kabar lain lagi untuk dibagikan hari ini, tetapi perlu dicatat bahwa kami secara rutin mengajukan aplikasi merek dagang sebagai bagian dari proses inovasi.”

Agustus lalu, Walmart memposting daftar pencarian kerja untuk spesialis produk cryptocurrency, salah satu tanda pertama dari minat perusahaan ke metaverse. Sementara perusahaan lain juga masuk ke metaverse, dengan Nike ingin menjual NFT dan sepatu kets virtual, Adidas menjual koleksi Into the Metaverse NFT, bahkan GAP juga menawarkan NFT hoodie-nya.(*)

Foto: AFP

Artikel Terkait
Tech
Belum Bisa Beli Ferrari? Siap-Siap Beli NFT-nya Dulu Saja...

Tech
Mengenal Web3, Akan Menggantikan Internet atau Hanya Scam?

Tech
adidas Sukses Peroleh Rp 316 Miliar dari Penjualan NFT ‘Into the Metaverse’