Current Issues

Penelitian: Memakai Masker Membuat Wajah Terlihat Lebih Menarik

Dwiwa

Posted on January 15th 2022

Ada banyak hal buruk yang dilakukan pandemi Covid-19 terhadap berbagai aspek dalam kehidupan kita. Tetapi di sisi lain, pandemi mungkin juga mengubah apa yang kita anggap menarik dalam diri orang lain.

Dilansir dari USA TODAY, masker medis, yang awalnya adalah hal tabu yang dikaitkan dengan sakit dan penyakit, kini telah diketahui dapat meningkatkan daya tarik. Hal ini diungkap oleh sebuah studi peer-reviewed baru dari para peneliti Universitas Cardiff yang diterbitkan pada Senin.

Menurut para peneliti, peningkatan daya tarik ini dapat dikaitkan dengan “keindahan oklusi”. Pasalnya, kita semua tahu jika masker akan menutupi sebagian besar wajah kita saat digunakan.

Studi ini merupakan bagian dari penelitian berkelanjutan yang mengeksplorasi daya tarik dan pilihan pasangan serta bagaimana norma-norma itu berubah setelah Covid-19. Studi ini melibatkan partisipasi 43 mahasiswa psikologi sarjana Universitas Cardiff, yang melihat 40 wajah pria, 20 di antaranya menarik dan 20 di antaranya tidak menarik, berdasarkan penilaian sebelumnya.

Wajah laki-laki itu ditampilkan dalam empat cara berbeda, yakni dengan masker medis, dengan masker kain, dengan buku di depan wajah mereka atau tanpa penutup sama sekali. Hasilnya, peserta wanita menemukan wajah pria paling menarik ketika mereka mengenakan masker medis.

Selain itu, peserta wanita menemukan pria yang memakai masker kain lebih menarik daripada pria tanpa masker sama sekali, tetapi tetap tidak semenarik pria dengan masker medis. Michael Lewis, salah satu rekan penulis penelitian ini, terkejut dengan hasilnya.

"Orang mungkin mengharapkan masker fashion untuk meningkatkan daya tarik lebih sehingga mengejutkan bahwa masker medis memiliki efek yang lebih besar," kata Lewis kepada USA TODAY.

Pada tahun 2016, terutama sebelum pandemi, sebuah penelitian di jurnal Japanese Psychological Research menemukan bahwa wanita Jepang yang menarik dipandang kurang menarik saat mengenakan masker.

Berdasarkan survei dengan peserta -yang mencakup pria dan wanita- peserta memprediksi masker wajah akan membuat wanita tampil lebih menarik. Namun di dalam studi itu juga terungkap peserta penelitian menghubungkan mereka yang menggunakan masker dengan ketidaksehatan.

Namun menurut penelitian ini, hasil studi tahun 2021 menunjukkan perubahan dramatis dalam bagaimana masker dapat memengaruhi daya tarik.

"Hubungan sebelumnya antara masker wajah yang dikaitkan dengan penyakit telah berkurang, dan sekarang masker wajah dikaitkan dengan profesi perawatan," kata Lewis.

Dan efek masker tidak hanya karena menutupi setengah wajah orang tersebut, namun dapat juga dimanfaatkan untuk mengaburkan hal yang mungkin tidak diinginkan. Tren ini terjadi pada pria yang dinilai sangat menarik dan pria yang dinilai tidak menarik.

Selain itu, baik pria menarik maupun tidak menarik ternyata wajahnya dianggap lebih menarik ketika ditutupi masker (medis atau kain). Dibandingkan dengan ditutupi benda lain, termasuk misalnya ditutupi buku atau benda lainnya.

Selain itu, studi tersebut menjelaskan jika sementara masker medis mungkin menandakan penyakit, masker juga dapat dilihat sebagai tanda warga negara yang bertanggung jawab dan peduli, yang dapat berdampak positif pada daya tarik yang dirasakan.

Studi lain yang dilakukan oleh peneliti Jepang menunjukkan bahwa wanita yang memakai masker juga terlihat lebih menarik.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal i-Perception pada Juni 2021 ini melibatkan 286 orang dewasa, baik pria maupun wanita, yang mengikuti survei mengenai daya tarik wajah wanita yang mengenakan masker. Wajah para wanita dinilai lebih menarik dan lebih sehat dengan kehadiran masker, perbedaan yang mencolok dari studi tahun 2016.

Kalian setuju nggak nih sama hasil penelitian ini? Apa kalian juga merasa orang-orang yang memakai masker medis itu jadi lebih menarik? (*)

Foto: Pixabay/Surprising_Shots

Related Articles
Current Issues
Ada Varian Omicron, Apakah Masker Kain Masih Efektif? Ini Kata Ahli

Current Issues
Biar Nggak Bingung, Begini Loh Cara Pakai Masker Ganda yang Benar

Current Issues
Kenapa Kalian Harus Sering Ganti Masker Bedah? Ternyata Bisa Sebabkan Ini...