Tech

Beli Merchandise Tesla Sekarang Bisa Pakai Dogecoin

Jingga Irawan

Posted on January 15th 2022

Telsa kembali bermain-main di arena cryptocurrency. Membeli merchandise Tesla sekarang bisa menggunakan Dogecoin. CEO perusahaan, Elon Musk, telah mengumumkan hal itu melalui Twitter pada Jum’at (14/1).

Produk yang dapat dibeli dengan cryptocurrency berbasis meme itu antara lain Cyberquad for Kids (12.020 doge/sekitar USD 2.320), Giga Texas Belt Buckle (835 doge/sekitar USD 161) dan Cyberwhistle (300 doge/sekitar USD 58).

Gara-gara pengumuman besar itu, Business Insider mencatat nilai Dogecoin naik 16 persen.

Inisiatif ini awalnya diumumkan oleh Elon bulan lalu. Saat itu dia mengatakan bahwa perusahaan akan mempertimbangkan terkait pembayaran cryptocurrency.

Langkah itu tampaknya juga berlaku di luar AS, dengan Mug S3XY dapat dibeli dengan Dogecoin dari toko Tesla di Inggris seharga 150 doge (sekitar USD 29). Dogecoin tampaknya juga menjadi satu-satunya cara untuk membeli merch Tesla, karena laman web sudah tak menyediakan lagi opsi pembayaran reguler.

Opsi pembelian menggunakan Dogecoin diberlakukan setelah beberapa bulan Tesla mulai menerima Bitcoin untuk pembelian mobil.

Namun praktik pembelian mobil pakai Bitcoin diberhentikan 49 hari kemudian, dengan alasan kekhawatiran tentang penggunaan bahan bakar fosil untuk penambangan Bitcoin.

Cryptocurrency adalah ide yang bagus di banyak tingkatan dan kami percaya ini memiliki masa depan yang menjanjikan, tetapi ini tak dapat dibiarkan jika menimbulkan kerugian besar bagi lingkungan,” kata Elon Musk dalam sebuah pernyataan.

Menurut penelitian, Dogecoin saat ini tak mengkonsumsi energi sebesar Bitcoin. Tetapi Dogecoin masih merupakan cryptocurrency yang butuh energi. Penggunaan energi yang lebih kecil per transaksi dikarenakan aset Doge kurang populer dibanding Bitcoin. Tak menutup kemungkinan, Dogecoin juga menghabiskan energi setara dengan Bitcoin ketika volumenya meningkat.

Sementara itu, perusahaan Elon Musk lainnya, SpaceX, juga mulai menerima pembayaran dalam Dogecoin pada bulan Mei. Tahun depan, mereka berencana mengirim satelit bernama DOGE-1 ke Bulan.(*)

Related Articles
Tech
Bos Twitter Jack Dorsey Mengaku sedang Mencoba Menambang Bitcoin

Current Issues
Tesla Mau Terima Bitcoin, Asal Penambang Kripto Gunakan Energi Ramah Lingkungan

Tech
Elon Musk dan 'Penambang' Bitcoin Berkomitmen Atasi Masalah Kripto