Tech

Harga Makin Murah, Pengiriman Ponsel 5G Asal Tiongkok Naik Tajam Sepanjang 2021

Jingga Irawan

Posted on January 15th 2022

Pengiriman smartphone 5G asal Tiongkok melonjak lebih dari 50 persen sepanjang tahun 2021, setelah negara itu mengumumkan inovasi 6G yang lebih canggih.

Menurut lembaga pemerintah setempat, pengiriman ponsel Tiongkok yang kompatibel dengan jaringan 5G naik 63,5 persen menjadi total 266 juta tahun lalu. Hal ini disebabkan karena harga murah, sehingga mendorong permintaan pasar yang lebih besar.

China Academy of Information and Communication (CAICT) menyebut bahwa smartphone 5G telah populer karena harganya di bawah 1.000 yuan (Rp 2,3 juta)

CAICT juga mengumumkan melalui WeChat, pengiriman smartphone 5G menyumbang 75,9 persen dari pengiriman domestik, lebih tinggi dari rata-rata global yang hanya 40,7 persen.

Pada akhir November, jumlah pelanggan smartphone dari tiga perusahaan telekomunikasi teratas Tiongkok —China Mobile, China Telecom, dan China Unicom— mencapai 1,64 miliar, di mana 497 juta di antaranya terhubung ke terminal ponsel 5G, naik 298 juta dari tahun sebelumnya.

Di luar itu semua, Tiongkok juga sudah meningkatkan dukungan inovasi 6G. Mereka siap mengenalkan standardisasi internasional 6G dalam rangka memajukan ekonomi digital pada 2025. 

Baca juga: Dunia Masih Beralih Ke 5G, Tiongkok Sudah Siapkan Inovasi 6G

Tiongkok akan melakukan tata letak cadangan teknologi jaringan 6G yang lebih canggih, dan meningkatkan dukungan untuk penelitian dan pengembangan teknologi 6G, serta berpartisipasi aktif dalam promosi standardisasi internasional 6G.(*)

Related Articles
Tech
Dunia Masih Beralih Ke 5G, Tiongkok Sudah Siapkan Inovasi 6G

Current Issues
Jaringan 5G Belum Sampai di Indonesia, Tiongkok Sudah Bicara 6G

Tech
Pendiri Perusahaan Mobil Tiongkok Geely Bakal Bikin Smartphone