Esports

Karena Hak Cipta PUBG, Krafton Gugat Garena, Google, dan Apple

Dika Afandi N

Posted on January 14th 2022

Krafton sebagai developer dari game esports PUBG menggugat Apple, Google dan Garena atas tuduhan pelanggaran hak cipta di game Free Fire Max. Beberapa pelanggarannya adalah mencakup struktur game, item in game, equipment, dan lokasi yang menyalin game PUBG. Hal tersebut yang membuat Krafton menggugat Garena sebagai developer Free Fire Max.

Sementara itu, Google dan Apple dituntut karena mereka merupakan pemilik dari Play Store dan App Store yang menjadi tempat layanan distribusi digital dari game Free Fire.

Dilansir dari Reuters, Krafton sebelumnya telah meminta Garena, Apple, dan Google untuk berhenti mendistribusikan Free Fire Max sejak bulan Desember lalu. Kini gugatan tersebut telah dipindahkan ke pengadilan California demi bisa memblokir permainan. Sebab, itu bisa menguntungkan Garena bila Free Fire Max masih tetap beredar.

Free Fire Max sendiri merupakan game versi update dari Free Fire versi biasa. Free Fire Max memiliki grafis jauh lebih baik yang bisa memikat hati para pemain Free Fire versi biasa. Namun, game tersebut membutuhkan device dengan spesifikasi lebih tinggi.

Di sisi lain, ini bukan pertama kalinya Krafton menggugat developer game. Sebelumnya, mereka pernah menggugat Epic Games yang merupakan pembesut game Fortnite pada tahun 2018. Fortnite sendiri memiliki banyak kesamaan dengan PUBG. Seperti item in game ataupun struktur game. Namun, gugatan tersebut akhirnya bisa terselesaikan dan Fortnite bisa melenggang bebas.

Krafton sendiri telah merilis PUBG: Battlegrounds pada 2016 silam. Di awal kemunculannya, PUBG: Battleground langsung menarik perhatian pecinta game FPS dan membuat PUBG semakin populer.

Karena begitu populer, Krafton sebagai developer akhirnya membuat versi mobile yang dinamai PUBG Mobile pada tahun 2018. Kini game tersebut bisa bisa dinikmati di Google Play Store dan App Store. Tak membutuhkan waktu lama, PUBG Mobile juga langsung digandrungi oleh pecinta game mobile saat itu.

Kini PUBG Mobile juga memiliki komunitas yang sangat besar di seluruh belahan dunia. Bahkan beberapa turnamen dari PUBG Mobile, yaitu PUBG Mobile Professional League (PMPL), PUBG Mobile Global Championship (PMCG), dan PUBG Mobile World League (PMWL). (*)

Artikel Terkait
Esports
Kolaborasi New State Mobile dengan Nier 'Square Enix', Hadirkan Beragam Hadiah

Esports
PUBG 2 Dirumorkan Akan Rilis Tahun Depan

Esports
Krafton Ubah Sosmed dan Situs Resmi PUBG: New State menjadi New State Mobile