Tech

Baterai Habis Tapi Buru-Buru? 4 Cara Ini Bantu Kamu Isi Daya Ponsel Lebih Cepat

Dwiwa

Posted on January 14th 2022

Pixabay/nhothu82st0

Di waktu tersibuk, baterai ponsel yang habis adalah hal paling menyebalkan. Apalagi jika kita memiliki mobilitas tinggi dan tidak punya banyak waktu untuk mengisi kembali daya baterai.

Bagi yang ponselnya sudah paling baru sih mungkin tidak terlalu pusing karena dalam hitungan menit pun baterai bisa terisi sampai setengah penuh. Tetapi bagi yang ponselnya masih keluaran lama, kondisi ini tentu membuat ketar-ketir. Apalagi jika lupa tidak membawa power bank.

Nah, buat kalian nih yang sering dalam posisi baterai kritis padahal harus buru-buru cabut, berikut empat trik yang bisa kamu lakukan agar daya ponsel bisa terisi lebih cepat seperti dilansir dari Popular Science.

 

1. Gunakan mode pesawat

Trik pertama yang paling efektif untuk mempercepat pengisian daya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat saat mengisi baterai. Dengan mengaktifkan mode pesawat, maka daya yang digunakan pada ponsel juga jadi terbatas.

Hal sepele ini bisa membuat banyak perbedaan loh. Pasalnya saat mode ini diakifkan ponsel tidak lagi memeriksa koneksi nirkabel, memperbarui aplikasi, atau berusaha keras untuk tetap terhubung dengan jaringan seluler. Hal ini membuat daya yang digunakan jauh lebih sedikit dari biasanya.

Bahkan, kalian mungkin bisa tetap membiarkan perangkat tetap dalam mode pesawat setelah selesai mengisi daya. Baterai akan lebih sedikit berkurang ketika ponsel terputus dari dunia luar. Bonusnya, kalian juga tidak terganggu selama rapat atau tergoda membuka sosial media saat berkendara.

Tetapi tentu ada dampak merugikan yang juga bisa terjadi saat mode ini diaktifkan. Kalian tidak akan menerima pesan atau panggilan apa pun. Tetapi itu pengorbanan sepadan jika kalian hanya punya waktu sedikit untuk mengisi kembali daya ponsel yang kritis.

Untuk mengaktifkan mode ini juga sangat mudah. Bagi pengguna iOS, cukup menggeser ke bawah dari sudut kanan atas layar dan ketuk ikon pesawat di Pusat Kontrol. Atau bisa juga dengan membuka Pengaturan dan nyalakan sakelar Mode Pesawat.

Sementara pengguna Android bisa menggeser ke bawah dengan dua jari dari atas layar untuk membuka Quick Menu dan kemudian ketuk Mode Pesawat.

 

2. Jangan periksa ponsel

Hindari juga untuk memeriksa ponsel ketika sedang mengisi daya. Itu termasuk memeriksa sudah berapa banyak baterai bertambah ketika sedang diisi daya.

Hal ini dikarenakan layar besar dan terang pada smartphone modern cukup menguras daya tahan baterai. Jadi usahakan untuk tidak menyentuh ponsel ketika sudah dicolokkan ke pengisi daya.

Agar tidak tergoda, kalian bisa menghidupkan mode pesawat. Atau jika tidak, nonaktifkan suara notifikasi atau getaran dan letakkan ponsel menghadap ke bawah. Pengisian daya tanpa gangguan selama sepuluh menit akan membuat baterai terisi lebih banyak dibanding pengisian dalam waktu yang sama tetapi dengan kondisi gawai digunakan.

 

3. Colokkan ke stop kontak dinding

Mengisi daya baterai dengan mengambil sumber listrik dari stop kontak akan lebih cepat dibanding menggunakan laptop. Meskipun kecepatannya bervariasi bergantung pada teknologi pengisi daya yang digunakan.

Jika terpaksa mengisi daya melalui USB, gunakan komputer atau laptop versi paling baru. Pasalnya semakin baru perangkat, USB cenderung memiliki kapasitas daya yang ditingkatkan.

Menggunakan pengisi daya bawaan juga menjadi pilihan terbaik atau setidaknya menggunakan pengganti dengan reputasi baik. Kabel pengisi daya bawaan kemungkinan telah diproduksi untuk mengisi daya perangkat seefisien mungkin dan pengganti pihak ketiga mungkin tidak sebaik itu.

 

4. Beli telepon dengan fitur fast charging

Cara terakhir adalah dengan membeli ponsel yang sudah didukung dengan pengisi daya cepat. Pengisian Cepat Qualcomm adalah salah satu teknologi paling kompetitif yang tersedia. Versi terbaru (5.0) sudah didukung oleh sejumlah ponsel.

Masing-masing vendor memiliki variasinya sendiri. Misalnya Fast Charge adalah versi OnePlus yang menjanjikan memberikan OnePlus3T daya baterai yang cukup untuk sehari hanya dengan pengisian daya 30 menit.

Tetapi tentu saja klaim seperti ini tidak bisa ditelan mentah-mentah. Cari ulasan terpercaya atas klaim produsen. Dan teknologi pengisian daya ini nyata loh guys bukan hanya gimmick.

Tetapi pengisian daya kilat ini ini hanya berlaku bagi ponsel yang memang sudah mendukung fitur ini. Jadi jika ponsel kalian masih lawas, pastikan saat membeli gawai baru berikutnya mempertimbangkan pengisi daya cepat sebagai salah satu fitur yang dicari.

Tetapi jika kalian punya uang lebih tetapi sayang dengan ponsel yang sekarang, bisa membeli pengisi daya portabel alias power bank. Dengan begitu, kalian bisa mengisi daya kapan pun, bahkan saat ponsel di simpan di dalam tas sekalipun. Tetapi ini mungkin sedikit merepotkan karena power bank juga perlu diisi daya. (*)

 

Related Articles
Tech
Tak Sekadar Mengambil Gambar, Ini 5 Fungsi Lain Kamera Ponsel yang Wajib Tahu

Tech
Beberapa Hal Sepele yang Perlu Dilakukan Agar Tidak Celaka Karena Ponsel

Tech
Ingin Ganti Ponsel di Tahun Baru? Lima Tips Ini Bantu Kamu Agar Tidak Salah Beli