Interest

Korsel Berencana Berlakukan Visa Hallyu, Apa Itu?

Delima Pangaribuan

Posted on January 14th 2022

Negeri Ginseng alias Korea Selatan sedang mempersiapkan berlakunya jenis visa baru. Untuk sementara, visa ini disebut 'visa Hallyu'. Dinamakan begitu karena emang tujuan utamanya buat orang asing yang datang dalam rangka berkaitan sama budaya populer Korea.l

Dilansir Koreaboo, program visa baru ini berangkat dari popularitas budaya Korea di kancah dunia. 'Hallyu' sendiri, seperti yang kita semua tahu, secara harfiah berarti 'Gelombang Korea'. Istilah ini biasanya digunakan untuk seni dan hiburan seperti Kpop, drama Korea, hingga reality show dan film.

Visa ini diberlakukan dengan harapan untuk membantu orang luar negeri masuk ke Korsel dan belajar lebih banyak tentang budaya maupun industri hiburan Korsel. Kementerian Kehakiman Korsel (atau semacam Kemenkum HAM di Indonesia) yang menangani urusan visa menyebutkan, visa Hallyu juga hadir karena situasi pandemi.

"Kementerian Kehakiman mendorong program visa Hallyu untuk menjawab kebutuhan bagi pendidikan terkait budaya Korea, serta memberikan momentum bagi Gelombang Korea dan membantu usaha kecil dan menengah di bidang budaya dan musik yang terdampak pandemi," jelas Kementerian Kehakiman Korsel seperti dikutip Koreaboo.

Menurut informasi awal, yang bisa mendapat visa ini adalah mereka yang berencana tinggal di Korsel lebih dari 90 hari. Nggak cuma tinggal, mereka juga harus punya rencana untuk mengikuti pendidikan terkait dengan budaya dan entertainment. Misalnya mau ikut training di agensi mana atau belajar budaya Korea di univesitas mana. 

Sejauh ini, belum diumumkan secara jelas kapan visa Hallyu bakal benar-benar diberlakukan. Info awal yang disampaikan pemerintah Korsel hanya menyebutkan, kepastian pemberlakuan akan diberitahu pada semester pertama 2022. Jumlah maksimal hari tinggal pun kemungkinan bisa berubah. 

Program visa Hallyu ini pun disambut positif oleh penggemar budaya Korea di seluruh dunia. Seorang YouTuber bernama Anna yang pernah pertukaran pelajar ke Hankuk University menilai, visa ini akan mempermudah mereka untuk pergi ke Korsel. 

"Kebanyakan (orang) pergi ke Korsel untuk liburan atau mengikuti program pertukaran budaya dan bahasa. Dari yang aku dengar, visa E-6 (visa kerja jangka panjang untuk sektor budaya dan hiburan) cukup sulit didapatkan karena persyaratan ketat. Jadi visa Hallyu ini akan memungkinkan semakin banyak orang asing untuk datang belajar dan tinggal di Korsel," jelas Anna. (*)

(Foto: Web Sushi Design Pinterest, Traveloka)

Related Articles
Korea
Ini Dia Hasil Survei Konten dan Artis Korea Terpopuler di Kancah Internasional

Entertainment
Hyuk 'VIXX' jadi Lead Drama 'Ga Doo Ri’s Sushi Restaurant'!

Entertainment
Kombinasi Visual Arin 'OMG' dan Kwon Hyun Bin di Web Drama 'A Girl's World'!