Interest

Rekor! Baby Shark Jadi Video YouTube Pertama yang Catatkan 10 Miliar Views

Jingga Irawan

Posted on January 14th 2022

Siapa bilang lagu anak-anak sudah nggak lagi populer? Baby Shark buktinya, menjadi music video (MV) YouTube yang paling banyak dilihat sepanjang masa pada November 2020. Dan sekarang, video tersebut mencapai rekor sejarah baru, yakni menjadi video YouTube pertama yang melampaui 10 miliar penayangan.

Dibuat oleh perusahaan pendidikan hiburan Korea Selatan Pinkfong dan dibawakan oleh penyanyi Korea-Amerika Hope Segoine, Baby Shark memulai debutnya pada 2016. Saat itu langsung menjadi viral di Asia, tetapi tak masuk ke daftar tontonan orang AS. Sebelum akhirnya booming pada 2019.

Baby Shark menggambarkan dua anak sungguhan mendemonstrasikan "tarian Baby Shark" sementara hiu animasi tituler dan keluarganya —termasuk "Grandpa Shark" berkumis— berenang dengan tenang dan kemudian berusaha memburu anak-anak itu.

Dampak lagu itu tak hanya berhenti sampai pada “tarian Baby Shark” saja. Ada juga show Baby Shark di Nickelodeon, film Baby Shark, dan ya, seperti yang mungkin kalian bayangkan, Baby Shark NFT.

Keberhasilannya sangat tak disengaja. Pada tahun 2019, CEO Pinkfong AS Bin Jeong mengatakan kepada CNN bahwa perusahaan tak mengharapkan klip itu viral. Oleh karena itu, untuk merayakan rekor terbaru, Pinkfong mengundang anak-anak di seluruh dunia untuk berbagi "momen tarian Baby Shark" mereka dengan perusahaan.

Video YouTube yang paling banyak dilihat kedua adalah Despacito milik Luis Fonsi, yang memegang gelar pertama sebelum Baby Shark merebutnya, meskipun, dengan 7,7 miliar tampilan. Disusul oleh Johny Johny Yes Papa oleh Lolo Kids di posisi ketiga, dan Ed Sheeran di posisi empat dengan lagunya Shape of You. (*)

Foto: Pinkfong

Artikel Terkait
Entertainment
Wow 'Baby Shark' Paling Banyak Dilihat di Video YouTube, Geser 'Despacito'

Entertainment
Baby Shark Bakal Dibuatkan Film Berdurasi Panjang

Entertainment
Ed Sheeran Bantah Dirinya Lakukan Plagiat di lagu ‘Shape of You’