Tech

Untuk Dapat Hoodie GAP Edisi Khusus, Perlu Koleksi NFT Dulu

Jingga Irawan

Posted on January 14th 2022

GAP juga menjual Non-Fungible Tokens (NFT). Setelah merek pakaian lain seperti adidas, Nike, dan Macy juga dalam beberapa bulan terakhir telah terjun ke ruang NFT. NFT milik GAP yang diberi nama GAP Threads dibuat di atas blockchain Tezos, yang disebut-sebut lebih hemat energi.

NFT itu dirilis dalam bentuk serangkaian seni hoodie digital, dengan tingkat kelangkaan dan harga yang berbeda. Ada tingkat Common, Rare, Epic, One of Kind.

Level Common dibanderol sekitar USD 8,30 (2 tez) dan sedang dijual hari ini. Tingkat Rare, Epic, dan One of Kind akan diluncurkan selama beberapa minggu ke depan. Untuk desainnya, GAP bermitra dengan seniman Brandon Sines, pencipta karakter kartun Frank Ape.

Menurut Gadgets 360, pembeli NFT level Epic nantinya juga akan menerima hoodie fisik eksklusif Gap x Frank Ape sementara pembeli NFT Common dan Rare bisa naik ke level selanjutnya untuk membeli NFT Epic. Penjualan ini menggunakan strategi pemasaran bernama gamified, di mana pelanggan harus memenuhi tantangan perusahaan terlebih dahulu untuk mendapatkan produk unik.

“Pengalaman gamified mendorong pelanggan untuk mengumpulkan seni digital hoodie GAP yang ikonik di level Common dan Rare untuk membuka kesempatan membeli Epic, seni digital edisi terbatas oleh Brandon Sines dan hoodie fisik GAP x Frank Ape oleh Sines,” perusahaan menjelaskan, mencatat bahwa pengalaman digital tambahan sedang direncanakan untuk masa depan.

GAP telah mengurangi kehadiran fisiknya selama beberapa tahun terakhir, mundur dari pusat perbelanjaan yang pernah menjadi andalannya. Pada Oktober 2020, perusahaan mengumumkan akan menutup 350 toko GAP dan Banana Republic di Amerika Utara.

Meskipun NFT-nya patut diperhatikan, ini bukan pertama kalinya GAP meluncurkan edisi khusus. Perusahaan melihat kesuksesan saat merilis Yeezy GAP Hoodie pada bulan September, yang menurut GAP menghasilkan penjualan item terbanyak dalam satu hari. Perusahaan mengatakan 70 persen pembeli baru mengenal GAP.(*)

Related Articles
Tech
adidas Sukses Peroleh Rp 316 Miliar dari Penjualan NFT ‘Into the Metaverse’

Tech
Nike Beli Perusahaan Sepatu Virtual yang Bikin NFT dan Sneakers untuk Metaverse

Tech
Associated Press Meluncurkan Pasar NFT untuk Foto Jurnalistik