Esports

Varian Omicron Merebak, Valve Batalkan DPC Winter Tour Major 2022

Dika Afandi N

Posted on January 13th 2022

Salah satu turnamen akbar milik game DOTA 2 yaitu DOTA 2 Pro Circuit Winter Tour Major 2022 harus dibatalkan. Pasalnya, Valve sebagai developer membatalkan tersebut karena merebaknya varian baru virus Covid-19 Omicron. Kabar tersebut resmi mereka sampaikan melalui halaman resminya pada Rabu (12/1) malam.

“Kami melakukan pembatalan untuk gelaran DOTA 2 Pro Circuit Winter Tour Major 2022. Langkah ini kami buat karena makin merebaknya virus Covid-19 Omicron di seluruh dunia. Keselamatan para tim peserta menjadi prioritas kami,” tulis Valve di situs resmi DOTA 2.

Karena DOTA 2 Pro Circuit Winter Tour Major 2022 Major pertama dibatalkan, tak pelak poin Major pertama pun akan didistribusikan di Major kedua dan ketiga. “Karena Major pertama tidak lagi digelar, kami memutuskan untuk mendistribusikan poin ke Major dua dan tiga. Dengan begini, keseimbangan poin antar region dan lintas region tetap sama,” tambah Valve.

Meski membuat kecewa banyak pihak, langkah yang dibuat oleh Valve ini sangatlah tepat karena situasi yang tak menentu. Sebab, penyebaran varian baru virus Covid-19 ini telah membuat akses perjalanan di berbagai negara menjadi terbatas. Bila turnamen ini tetap berlangsung, besar kemungkinan akan ada beberapa tim yang tak bisa hadir secara langsung karena terhambat akses perjalanan yang ditutup.

Selain itu, tampaknya ada beberapa masalah di balik layar terkait penyelenggara turnamen dan kesediaan mereka untuk menjadi tuan rumah acara dengan faktor-faktor tersebut

Saat ini sudah ada beberapa tim yang memastikan lolos ke Major kedua. Salah satunya adalah wakil tanah air yakni BOOM Esports yang berhasil kokoh di puncak klasemen DOTA 2 Pro Circuit (DPC) regional SEA Division 1.

Di sisi lain, Valve telah mendengarkan beberapa kritik dan saran dari para komunitas game DOTA 2. Kini mereka sedang merencanakan akan mengerjakan LAN event. Namun untuk kelanjutan DOTA 2 Pro Circuit Winter Tour Major 2022, Valve belum memberikan konfirmasi lebih lanjut kapan turnamen tersebut akan berjalan kembali. (*)

Foto: Valve

Artikel Terkait
Esports
Terlibat Match Fixing, Valve Banned Omega Esports di Scene DOTA 2

Esports
DPC SEA: Bungkam Fnatic, BOOM Esports Naik Posisi 3 Klasemen Sementara

Esports
BOOM Esports Wakili Indonesia di ESL One Malaysia 2022