Tech

Awas Spyware Incar Datamu, Lakukan 5 Langkah Ini Agar Terlindungi

Dwiwa

Posted on January 13th 2022

Pixabay/vickygharat

Keamanan data digital jadi terasa semakin penting seiring dengan berkembangnya teknologi. Pasalnya, secanggih apapun perangkat yang kita gunakan, tidak menjamin selalu bisa terhindar dari ancaman spyware.

Spyware sendiri merupakan sebuah perangkat lunak berbahaya yang dirancang hacker untuk memasuki perangkat komputer atau gawai. Ini merupakan perangkat pengintai yang dibuat oleh hacker atau peretas untuk mengambil data korban demi mendapatkan keuntungan pribadi.

Hal yang menyeramkan dari spyware adalah ketika data kalian dicuri atau selama data di komputer maupun gawai lain dikumpulkan, kalian tidak akan menyadarinya. Tahu-tahu data pribadi kita sudah berpindah ke tangan orang lain.

Dalam Instagram resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) @kemenkominfo dijelaskan jika data yang dicuri bisa berupa kebiasaan seseorang saat browsing, username dan password akun medsos, hingga alamat email.  Selain itu, nomor kartu kredit hingga PIN rekening bank juga bisa ikut dibobol.

Selain mencuri data, keberadaan spyware ini biasanya juga memengaruhi kerja jaringan serta gawai yang dipakai.  Aktivitas perangkat maupun website yang sedang dibuka juga jadi lemot.

Lalu, bagaimana cara agar kita terhindar dari spyware? Menurut Kominfo, ada lima langkah sederhana yang bisa dilakukan agar tidak tertipu spyware.

Pertama, jangan asal accept cookies ketika sedang berselancara di dunia maya, bahkan jika itu website terpercaya sekalipun. Selain itu, gunakan ekstensi browser anti-cracking agar data lebih aman.

Kalian juga harus selektif saat memakai software gratisan. Lakukan investigasi sederhana dengan melihat reputasi dan review dari software. Hindari mengunduh software dari situs atau aplikasi pengunduh tidak resmi agar risiko terkena spyware berkurang.

Ketika akan memberikan izin aplikasi untuk mengakses ponsel, pastikan untuk selalu membaca term & condition. Jangan lupa juga untuk secara rutin memperbarui sistem keamanan di laptop maupun gawai lainnya ya. (*)

 

Related Articles
Tech
6 Cara Mudah Melindungi Data Kita di Internet

Tech
Lakukan Hal Ini Agar Perangkat Kamu Terhindar Dari Serangan Ransomware

Tech
Google Aktifkan Otentikasi Dua Faktor untuk 150 Juta Pengguna Akhir 2021