Tech

Gokil! Ghozali, Anak Indonesia yang Dapat Cuan Jutaan dari Jual NFT Foto Selfie

Jingga Irawan

Posted on January 13th 2022

Nama Ghozali Ghozalu mendadak jadi trending di semua media sosial. Remaja asal Indonesia itu viral gara-gara menjual foto selfie-nya menjadi Non-Fungible Tokens (NFT) lewat platform listing terbesar di dunia, OpenSea. Paltform itu menyediakan wadah bagi kreator yang ingin menjual karya seni digital menggunakan mata uang Eth (ethereum).

Pria berusia 22 tahun itu mengambil foto selfie dengan wajah datar mulai dari usia 18-22 tahun (2017-2021).  Saat ini koleksinya mencapai 933 foto. Ia lantas menamai koleksi NFT-nya sebagai Ghozali Everyday. Mirip seperti nama koleksi milik raja NFT Beeple, EVERYDAYS: THE FIRST 5000 DAYS.

Awalnya, satu foto Ghozali dibanderol dengan harga 0,001 eth atau setara dengan Rp 45 ribu. Namun karena peminatnya meningkat, harga NFT Ghozali terus melonjak. Menurut laman OpenSea, harga terendah NFT Ghozali sekitar 0,29 eth (Rp 14 juta). Saat ini tercatat sudah 440 orang yang memiliki NFT-nya.

Ghozali Everyday bahkan menembus 40 besar peringkat volume perdagangan 24 jam OpenSea dengan peningkatan aktivitas 72.000 persen menurut data dari pasar tersebut.

Ghozali tak lupa berpesan pada para pembeli fotonya lewat Twitter, “Kalian dapat melakukan apa saja seperti membalik atau apa pun, tetapi tolong jangan menyalahgunakan fotoku atau orang tuaku akan sangat kecewa kepadaku. Aku percaya pada kalian jadi tolong jaga foto-fotoku.”

Ghozali bukan lah remaja pertama yang cuan gara-gara NFT. Benyamin Ahmed, bocah laki-laki berusia 12 tahun asal London telah menghasilkan sekitar GBP 290 ribu (Rp 5,7 miliar) setelah menjual NFT dari karya seni berpiksel dengan nama Weird Whales yang dihasilkannya selama liburan sekolah.

Weird Whales merupakan koleksi seni digital kedua Benyamin. Ia mendapat inspirasi dari gambar meme paus berpiksel yang terkenal dan gaya seni digital yang populer, tetapi menggunakan programnya sendiri dengan membuat kumpulan 3.350 tipe emoji paus.

Benyamin saat ini sedang mengerjakan koleksi ketiganya yang bertema superhero. Dia juga ingin membuat permainan bawah air yang menampilkan paus.(*)

 

Related Articles
Tech
Mengenal Web3, Akan Menggantikan Internet atau Hanya Scam?

Tech
Belum Bisa Beli Ferrari? Siap-Siap Beli NFT-nya Dulu Saja...

Tech
Dukung Keaslian Karya, Photoshop Bakal Punya Opsi Khusus untuk NFT