Tech

Sudah Penuhi Persyaratan, Nigeria Mencabut Pemblokiran Twitter

Jingga Irawan

Posted on January 13th 2022

Pemerintah Nigeria akhirnya mencabut penangguhan operasi Twitter. Sebelumnya negara itu mengumumkan pemblokiran Twitter selama enam bulan.

Direktur jenderal badan teknologi Nigeria, Kashifu Inuwa Abdullahi, membuat pengumuman ini melalui sebuah pernyataan. Dia ditugaskan sebagai ketua komite yang dibentuk oleh pemerintah Nigeria untuk mengawasi pembicaraan antara negara Afrika Barat dan Twitter setelah larangan tersebut.

Kashifu mengatakan persetujuan itu diberikan menyusul memo yang ditulis oleh menteri komunikasi dan ekonomi digital negara kepada Presiden, Muhammadu Buhari. Pernyataan itu juga mengungkapkan bahwa larangan akan segera dicabut pada tengah malam 13 Januari 2022.

"Pemerintah Federal Nigeria (FGN) mengarahkan saya untuk menginformasikan kepada publik bahwa Presiden Muhammadu Buhari, GCFR, telah menyetujui pencabutan penangguhan operasi Twitter di Nigeria efektif mulai pukul 12 malam ini, pada 13 Januari 2022," bunyi pernyataan tersebut.

“Persetujuan itu diberikan menyusul memo yang ditulis kepada Presiden oleh Menteri Komunikasi dan Ekonomi Digital yang Terhormat, Prof Isa Ali Ibrahim. Dalam Memo tersebut, menteri memperbarui dan meminta persetujuan Presiden untuk pencabutan berdasarkan rekomendasi Komite Teknis Nigeria-Twitter Engagement.”

Abdullahi juga menyebut kalau Twitter telah setuju untuk menetapkan badan hukum di Nigeria selama awal 2022. Pembentukan badan hukum Twitter merupakan langkah pertama raksasa media sosial dalam menunjukkan komitmen jangka panjangnya di Nigeria. Itu juga salah satu dari sepuluh permintaan.

Selain mendirikan kantor lokal atau badan hukum di Nigeria, permintaan lain yang wajib dipenuhi adalah membayar pajak secara lokal dan bekerja sama dengan pemerintah Nigeria untuk mengatur konten serta tweet berbahaya.

Tampaknya pemerintah Nigeria telah membuat kemajuan dengan permintaan tersebut. Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh pemerintah, Twitter juga akan menunjuk perwakilan negara untuk mengadakan pembicaraan dengan pemerintah Nigeria bila diperlukan.

Pada bulan Juni, Nigeria menangguhkan Twitter setelah perusahaan tersebut menghapus postingan kontroversial yang dibuat oleh presiden Nigeria. Postingan itu berisi ancaman untuk menghukum para separatis setempat.

Pada bulan Oktober, Presiden Buhari, selama pidato kepresidenannya yang disiarkan televisi pada peringatan Hari Kemerdekaan ke-61 Nigeria, mengatakan larangan itu hanya akan dicabut jika raksasa media sosial itu memenuhi persyaratan tertentu. (*)

Foto: Getty Images

Related Articles
Tech
Nigeria Bakal Cabut Pemblokiran Twitter Sebelum Akhir Tahun

Current Issues
Donald Trump Beri Selamat Kepada Nigeria Karena Berani Blokir Twitter

Tech
Tak Perlu Screenshoot, iOS Kini Bisa Share Twit ke IG Stories. Begini caranya