Interest

4 Makanan ini Dapat Tingkatkan Imun Saat Sakit

Dwiwa

Posted on January 12th 2022

Kita tahu bahwa makanan bukan obat yang dapat menyembuhkan ketika sedang sakit. Tetapi bukti ilmiah menunjukkan jika mengonsumsi makanan tertentu dapat membantu fungsi kekebalan tubuh. Membuat kita merasa lebih baik saat tubuh melawan infeksi.

Meski begitu, bukan berarti jika saat sakit, terutama di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, kalian hanya mengandalkan makanan untuk bisa sembuh ya. Mendapatkan vaksinasi dan booster serta mengonsumsi obat dari dokter tetap menjadi cara terbaik untuk melawan gejala utama dari infeksi virus. Makanan hanya bonus tambahan agar tubuh bisa lebih cepat melakukan pemulihan.

Lalu seperti apa sih makanan yang bisa membantu meningkatkan kekebalan dan membuat tubuh kita merasa lebih baik ketika sedang sakit? Dilansir dari Eat This, Not That!, berikut empat makanan rekomendasi Dr. Cedrina Calder, seorang dokter pengobatan pencegahan, yang bisa kalian coba untuk meningkatkan imun saat sakit.

1. Sup Ayam
Bagi penggemar drama Korea, pasti sangat sering melihat samgyetang alis sup ayam ginseng disajikan ketika ada salah satu karakter yang sakit. Nah, rupanya sup ayam memang memiliki efek bagus ke tubuh saat dikonsumsi ketika sakit loh. Calder menjelaskan jika ayam merupakan sumber vitamin B6 yang baik yang diperlukan untuk fungsi kekebalan tubuh yang sehat.

Menurut sebuah penelitian di Journal of Immunology Research, kekurangan vitamin B6 telah dikaitkan dengan sistem kekebalan yang melemah. Ini membuat vitamin B6 jadi mikronutrien penting bagi kesehatan kita.

Selain itu, dada ayam tanpa lemak dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk vitamin B6 dengan hingga 30 persen dari angka kecukupan gizi harian, menurut US Department of Agriculture. Ditambah lagi, sup ayam juga dilengkapi dengan kuah hangat yang melegakan untuk sakit tenggorokan, yang merupakan gejala utama yang dialami banyak orang dengan varian Omicron dari virus Corona.

2. Teh Jahe Segar dengan Madu
Secangkir sup hangat bukan satu-satunya cairan yang melegakan tenggorokan yang sakit. Secangkir teh yang dikombinasikan dengan bahan tertentu seperti jahe dan madu juga bisa membantu menenangkan dan dapat meningkatkan kekebalan. Jahe membantu mengurangi peradangan dan bisa meredakan mual.

Selain mengurangi peradangan dan menghilangkan mual, jahe juga membantu fungsi gastrointestinal, nyeri, sindrom metabolik, dan gejala lainnya, menurut ulasan di Nutrients. Sementara madu dapat meredakan sakit tenggorokan.

3. Cabai
Menurut Calder, menambahkan makanan tertentu, seperti cabai, ke dalam makanan sebenarnya dapat membantu mengatasi penyakit juga. "Capsaicin dalam cabai bisa membantu mengatasi hidung tersumbat saat kalian sakit," kata Calder. "Ini bisa meredakan hidung tersumbat dan sinus yang tersumbat."

Studi dari African Health Sciences sebelumnya juga menunjukkan bagaimana capsaicin dapat menghasilkan efek anti-inflamasi. Capsaicin adalah senyawa kimia yang ditemukan dalam cabai seperti jalapeno, habanero, dan shishito. Kalian juga bisa mendapatkan keuntungan dari senyawa ini dengan memasukkan cabai rawit dalam makanan.

4. Bawang Putih
Selain cabai, bawang putih adalah bahan tambahan lain yang mudah ditemukan dan dapat membantu meningkatkan kekebalan. Calder mengatakan jika bawang putih merangsang sel-sel kekebalan dan dapat membantu melawan infeksi.

Ulasan lain dalam Journal of Immunology Research menyimpulkan bahwa bawang putih memodulasi sekresi sitokin, respons dari sel-sel dalam tubuh yang dapat membantu pemulihan cedera dan infeksi. Itu artinya makan bawang putih dapat bekerja sebagai anti-inflamasi dan meningkatkan sistem kekebalan kita.

Foto: Pixabay/cegoh

Related Articles
Current Issues
Studi: Vaksinasi Covid-19 dan Breakthrough Infection Timbulkan “Kekebalan Super"

Current Issues
Bukan Hanya Delta, Para Ilmuwan Juga Waspada Varian Gamma

Current Issues
Rendahnya Gizi Jadi Penyebab Tingginya Kasus Covid-19 Anak di Indonesia