Current Issues

Gratis! Ini Syarat dan Cara Mendapatkan Vaksin Booster

Dwiwa

Posted on January 12th 2022

Hari ini (12/1) program vaksinasi Covid-19 booster sudah mulai dilakukan di sejumlah daerah. Presiden Joko Widodo telah memastikan jika pemberian vaksin booster ini akan diberikan gratis kepada seluruh masyarakat.

Untuk tahap awal, vaksin booster akan diprioritaskan bagi orang-orang berusia lanjut dan orang dengan immunocompromised. Lalu, apa saja syarat yang harus dipenuhi jika ingin mendapatkan vaksinasi booster?

Meskipun prioritas saat ini adalah untuk lansia dan orang dengan immunocompromised, tetapi vaksin booster ini ditujukan untuk orang-orang berusia 18 tahun ke atas. Selain itu, calon penerima vaksin booster juga harus sudah divaksinasi dosis kedua minimal enam bulan.

Syarat lain adalah kalian harus tinggal di kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria vaksinasi dosis pertama 70 persen dan dosis kedua 60 persen. Saat ini, baru ada sekitar 244 kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria target vaksin.

Nah, jika saat ini kalian atau mungkin keluarga terdekat termasuk dalam kelompok prioritas, jadwal vaksinasi dan tiket bisa dilihat di aplikasi PeduliLindungi atau situs web PeduliLindungi. Dilansir dari laman Sehat Negeriku milik Kementerian Kesehatan, jika lewat web, kalian hanya perlu memasukkan nama lengkap dan NIK lalu klik “periksa”.

Sementara di aplikasi PeduliLindungi, kalian perlu login terlebih dahulu dengan akun yang terdaftar. Setelah itu buka “Status Vaksinasi dan Hasil Tes Covid-19” agar status dan jadwal vaksinasi booster bisa terlihat. Lalu untuk cek tiket vaksin, kalian hanya perlu masuk ke menu “Riwayat dan tiket Vaksin”.

Jika termasuk kelompok prioritas namun belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi di aplikasi PeduliLindungi, kalian bisa langsung mendatangi fasilitas kesehatan atau tempak vaksinasi terdekat dengan membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2.

Pemerintah akan memberikan vaksiansi booster dengan mempertimbangkan ketersediaan vaksin yang ada di tahun ini. Sebab, jenis vaksin booster akan berbeda dengan ketersediaan tahun lalu. Selain itu pemerintah juga mempertimbangkan hasil riset yang dilakukan oleh para peneliti dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk tahap awal yang dimulai hari ini, ada beberapa kombinasi vaksin booster yang akan digunakan. Pertama, bagi yang mendapat vaksin primer Sinovac atau dosis 1 dan 2 Sinovac, akan diberikan booster setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca.

Sementara untuk vaksin primer AstraZeneca atau vaksin dosis 1 dan 2 AstraZeneca akan mendapat booster setengah dosis Moderna. Kombinasi ini sudah disetujui oleh BPOM serta ITAGI dan dapat berkembang tergantung hasil riset baru dan juga ketersediaan vaksin yang ada. (*)

Foto: Pixabay/Alexandra_Koch

Related Articles
Current Issues
Belum Semua, Ini Daftar Vaksin yang Sudah Bisa Mendapat Booster di Januari

Current Issues
1,5 Juta Vaksin Pfizer Tiba, Bisa Digunakan untuk Warga Usia 12 Tahun ke Atas

Current Issues
Pemerintah Pastikan Vaksin Covid-19 yang Digunakan Aman dan Bermanfaat