Tech

Bocoran Fitur Android 13: Ganti Profil dan Scan QR dari Lock Screen

Delima Pangaribuan

Posted on January 12th 2022

Prediksi fitur-fitur baru Android 13 terus bermunculan. Padahal OS-nya sendiri belum diluncurkan. Setelah kemarin Mainmain membahas lima fitur baru yang mungkin ada di Android 13, kini ada tambahan fitur baru lagi. Yakni switch profile pengguna melalui lock screen.

Mengutip Android Central, fitur ini berfungsi untuk mengganti user tanpa perlu membuka lock screen dan masuk ke pengaturan lebih dulu. Android diprediksi ingin meningkatkan fungsi dari lock screen supaya nggak hanya menjadi penanda waktu atau memunculkan notifikasi aplikasi saja.

Dari mock up yang beredar di komunitas online, terlihat pada bagian lock screen nanti ada pilihan user. Apakah user pemilik perangkat atau orang lain. Terkadang kita meminjamkan ponsel ke teman atau saudara kita. Nah, dengan pilihan ini di lock screen, kita bisa mengatur bahwa hanya kita (owner) yang bisa masuk ke tampilan tertentu. Sementara orang lain yang pinjam ponsel kita masuk ke tampilan umum. Kurang lebih mirip PC, gitu.

Selain itu, Android 13 juga kabarnya akan menambahkan fitur QR scan di lock screen ini. Jadi kalau kita butuh scan QR buat bayar-bayar, nggak perlu tunggu buka aplikasi kamera dulu. Langsung ada pilihan 'show QR scan' yang bisa diklik di lock screen.

Lho, apa bedanya sama Android yang sekarang? Kan beberapa ponsel udah bisa langsung buka aplikasi kamera tanpa menggeser lock screen...

Nah, perbedaan fitur ini dengan Android yang sekarang adalah: Fitur ini bisa memudahkan pengguna yang kamera HP-nya nggak otomatis bisa memindai QR. Android ingin menjembatani gap antara ponsel kentang dengan ponsel canggih yang bisa scan QR otomatis. Agar tidak lagi terjadi diskriminasi terhadap kita-kita yang pakai hape kentang, hehehe...

Sebelumnya, diberitakan kalau Android 13 ini akan menyediakan berbagai fitur seperti pengaturan bahasa kustom di setiap aplikasi, hingga fitur 'media handoff' yang bakal mirip Apple. OS baru keluaran Google ini diperkirakan meluncur di semester kedua 2022. (*)

Foto: Android Central

Related Articles
Tech
Intip 5 Fitur Baru yang Mungkin Muncul dalam Android 13

Tech
Google Pixel 4a dan Pixel 5 akan Dilengkapi Teknologi 5G

Tech
6 Fitur Baru Android yang Ditambahkan Google, Fungsinya Keren Banget