Entertainment

7 Cara Mudah Mengurangi Kecemasan dengan Imajinasi Kreatif

Kezia Kevina Harmoko

Posted on January 12th 2022

(Gambar: stories/Freepik)

Beberapa dari kita mudah banget buat merasa cemas ketika sesuatu yang gak diinginkan terjadi. Bahkan hal yang sepele bisa jadi sumber kekhawatiran yang besar dan bikin diri gak tenang.

Nah, buat kamu yang sering merasa cemas, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meredakan perasaan tersebut. Langkah ini dirangkum oleh dokter Chris Gilbert, seperti yang dilansir Psychology Today.

Bayangkan sebuah balon dan tempat indah

Imajinasikan ada sebuah balon di dalam perut kita. Tarik nafas hingga hitungan ketiga lalu bayangkan balonnya membesar. Setelah itu buang nafas hingga hitungan ketiga dan bayangkan balonnya mengempis. Lakukan kurang lebih sepuluh kali lalu bayangkan kita berada di tempat dengan pemandangan indah. Entah itu hutan, pantai, gunung, dan lainnya. Bayangkan suasananya, suaranya, aromanya, atau hal-hal lain.

Bayangkan hewan atau orang sebagai pelindung

Bayangkan kita dilindungi oleh hewan atau seseorang. Ciptakan visual tersebut di pikiran kita. Perhatikan penampilan mereka dan kemampuan apa yang bisa mereka lakukan untuk membantu kita.

Bayangkan warna

Mungkin kamu punya warna favorit yang keberadaannya bikin kita lebih tenang. Coba pikirkan warna apa itu dan bayangkan kita dikelilingi warna tersebut. Tarik dan keluarkan nafas sambil berada di ruangan penuh warna tersebut.

Temukan gerakan yang menenangkan

Coba pikirkan gerakan atau tarian apa yang bisa menenangkan kita. Mungkin gerakan lembut atau justru upbeat. Kamu bisa cari referensi gerakan dari video. Lakukan gerakan tersebut ketika cemas.

Pilih musik yang menenangkan

Nggak terlalu suka menggerakkan tubuh? Mungkin musik bisa jadi jawabannya. Mungkin kamu suka dengan musik instrumental lembut buat menenangkan diri. Atau justru musik rock headbanging. Coba deh buat playlist dengan musik favoritmu untuk diputar saat merasa cemas.

Coba menggambar dan melukis

Coba gambar tempat yang ingin kamu datang, sosok yang bisa melindungimu, atau warna favoritmu. Nggak harus bagus. Kamu bisa sekadar coret-coret warna untuk menuangkan perasaanmu.

Bikin skenario fantasi

Coba bikin skenario fantasi yang unik. Mungkin ada unicorn jadi kurir makanan di masa depan atau apa pun itu. Membayangkan hal-hal yang gak mungkin akan bikin otak meredakan rasa cemas.

Nah, itu dia beberapa tips meredakan kecemasan. Kalau kamu merasa cemas berlebihan hingga aktivitasmu terganggu, gak ada salahnya buat konsultasi ke psikolog. You’re worthy! (*)

 

Artikel Terkait
Lifestyle
3 Kalimat yang Bisa Kita Andalkan buat Menenangkan Diri Saat Cemas

Lifestyle
5 Alasan Cemas Bikin Diri Kita Lelah, Cek Ciri-Cirinya dari Kebiasaanmu

Lifestyle
5 Pertanyaan yang Harus Ditanyakan ke Diri Sendiri Saat Cemas Berlebihan