Tech

Associated Press Meluncurkan Pasar NFT untuk Foto Jurnalistik

Jingga Irawan

Posted on January 11th 2022

Media asal Amerika Serikat, Associated Press (AP) memulai pasar untuk menjual NFT (non-fungible tokens) karya jurnalis fotonya. Untuk memenuhi langkah itu, AP bekerja sama dengan perusahaan bernama Xooa.

Katanya NFT merupakan cara baru bagi kolektor untuk membeli foto jurnalistik kontemporer yang bersejarah atau pemenang penghargaan. Serta token virtual yang akan dirilis pada titik harga yang luas.

Sistemnya akan dibangun di atas blockchain Polygon yang dianggap sudah ramah lingkungan. NFT juga akan mencakup satu set metadata asli untuk memberi tahu pembeli kapan, di mana, dan bagaimana foto itu diambil.

Koleksi pertamanya, yang diluncurkan 31 Januari mendatang, akan mencakup NFT yang menampilkan foto-foto ruang angkasa, iklim, perang, dan gambar lainnya untuk menyoroti karya fotografer AP tertentu.

AP bukanlah perusahaan media pertama yang menggunakan atau mengungkapkan minat pada NFT. Quartz dan The New York Times telah menjual salinan artikel mereka sebagai NFT. Sementara CEO Getty Images, Craig Peter, mengatakan pada bulan Desember bahwa ada peluang nyata bagi perusahaan dalam hal NFT.

Namun, AP tampaknya tak mencoba menjual NFT-nya sebagai pengikat metaverse, seperti yang mungkin diminati oleh eksekutif media di industri musik. Proyek ini sepertinya ditujukan untuk kolektor yang ingin membeli, menjual, dan memperdagangkan koleksi digital AP resmi melalui pasar.

Pembeli bisa membayar NFT dari pasar menggunakan kartu kredit atau Ethereum. AP mengatakan, MetaMask akan menjadi dompet pertama yang mendukung pembayaran. Tetapi ke depan ada rencana untuk menambahkan dukungan lainnya.

Hasil dari penjualan NFT akan digunakan untuk mendanai aktivitas jurnalistiknya. Plus mendapatkan pendapatan setiap kali karya itu dijual kembali di pasar. Menurut situs perusahaan, ada biaya sepuluh persen yang terkait dengan penjualan kembali. Perusahaan akan berbagi hasil itu termasuk dengan fotografer.(*)

Artikel Terkait
Tech
Penjualan NFT Mencapai Rp 357,5 Triliun pada 2021

Tech
‘NFT’ Jadi Word of the Year Versi Collins Dictionary Tahun 2021

Tech
adidas Sukses Peroleh Rp 316 Miliar dari Penjualan NFT ‘Into the Metaverse’