Interest

Yang Wajib Tahu dari e-KTP Digital, dari Syarat Hingga Cara Buat

Dwiwa

Posted on January 9th 2022

Ada yang sering merasa kesal karena meskipun disebut sebagai Kartu Tanda Penduduk Elektronik alias e-KTP, tetapi untuk semua administrasi masih harus melakukan fotokopi? Dalam waktu dekat, hal merepotkan seperti ini mungkin tidak akan diperlukan lagi.

Pasalnya, pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) saat ini sedang melakukan penerapan KTP digital secara bertahap. Menurut Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, KTP digital dibuat untuk memudahkan dan mempercepat transaksi pelayanan publik atau privat dalam bentuk digital.

Jadi membuat identitas akan jadi lebih praktis, mudah murah, cepat dan efisien. Selain itu, KTP digital disebut dapat mengamankan identitas digital karena ada sistem autentifikasi agar data tidak bisa dipalsukan.

Lalu apa saja fakta-fakta KTP digital yang perlu kamu tahu?

1. Syarat bisa punya KTP digital

Sesuai dengan namanya digital, syarat untuk bisa memiliki KTP digital adalah mempunyai smartphone dan dapat mengoperasikan ponsel pintar. Selain itu tempat tinggal harus memiliki jaringan internet untuk bisa mengakses teknologi.

Lalu bagaimana jika daerah tempat tinggal tidak memiliki jaringan internet atau tidak mempunyai ponsel pintar? Tenang tidak perlu khawatir. Zudan menjelaskan jika mereka masih akan tetap memberikan layanan penerbitan KTP dalam bentuk fisik.

Jadi ada dua jalur atau double track system service, satu layanan secara fisik manual dan layanan digital. Dalam bentuk layanan digital, KTP tidak akan dicetak tetapi langsung disimpan ke dalam ponsel dan ada QR Code-nya.

2. Cara membuat KTP digital

Untuk membuat KTP digital ini juga sangat mudah. Kalian hanya perlu mengunduh aplikasi Identitas Digital (PPID Kemendagri), sementara aplikasi ini baru tersedia di Android.

Jika sudah diunduh, masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat email, dan nomor ponsel. Lakukan verifikasi data lewat verifikasi wajah alias face recognition. Jika sudah, akan ada verifikasi email yang perlu dilakukanagar dapat login ke dalam aplikasi.

Aplikasi identitas digital itu memuat beberapa dokumen pribadi. Di menu utama, terdapat KTP digital, kartu keluarga (KK), NPWP, Kepemilikan Kendaraan, data Badan Kepegawaian Nasional (BKN), dan kartu vaksinasi Covid-19.

3. Baru dilakukan di 50 kabupaten/kota

Peluncuran KTP digital ini akan dilakukan secara bertahap. Untuk saat ini, uji coba identitas digital ini baru dilakukan di 50 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Jadi jika saat ini masih belum bisa mengakses KTP digital, mungkin tempat tinggal kalian belum termasuk dalam uji coba tahap awal ini guys.

4. Bagaimana kalau smartphone hilang?

Jika suatu saat ponsel kita hilang, kalian masih bisa mendapatkan kembali KTP digital. Caranya kalian cukup meminta ke Dukcapil setempat agar mengirimkan KTP digital ke perangkat yang baru. Pasalnya, saat ponsel hilang maka identitas digital di dalamnya juga ikut raib.(*)

Related Articles
Interest
Siapa Tandingan Asus Zenfone Max Pro M1?

Interest
Hindari Penularan Coronavirus ke Driver Online, Antar Barang lewat Robot

Interest
Penemu di Hongkong Rilis Masker Dilengkapi Kantong Sinar UV untuk Disinfeksi