Lifestyle

5 Red Flag Terparah dalam Sebuah Hubungan, Harus Segera Menjauh

Kezia Kevina Harmoko

Posted on January 9th 2022

(Foto: Storyset/Freepik)

Terkadang sulit keluar dari hubungan yang toxic karena kita sulit mengidentifikasi tindakan yang sebenarnya adalah red flag. Berikut ada beberapa red flag dalam hubungan seperti yang dirangkum oleh psikoterapis Kaytee Gillis, seperti yang dilansir Psychology Today.

Berbicara buruk tentang mantan

Coba perhatikan apakah si doi berbicara buruk tentang mantan pasangannya sendiri. Perhatikan dari apa yang mereka bicarakan, apakah dia cenderung menyalahkan si mantan dan berlaku buruk pada mantannya itu. Meski hubungan doi sebelumnya tidak berakhir baik, ia bisa berkata begini, “Hubungan itu memang gak berakhir baik, tapi aku berharap yang terbaik buat dirinya [si mantan].”

Kalau si doi justru berbicara buruk dan seakan menyalahkan si mantan, bisa jadi perilaku itu akan dilakukan juga padamu.

Hanya berbicara tentang diri mereka

Ketika berbicara dengan pasanganmu, perhatikan apakah setiap percakapan hanya tentang dirinya, selalu berakhir pada ceritanya, dan gak pernah bertanya tentang apa pendapat kita. Kalau mereka hanya bicara dengan diri mereka, kamu gak akan dapat perhatian yang diperlukan.

Mengambil keputusan tanpa persetujuan

Keputusan yang melibatkan kedua pihak harus dibicarakan dua pihak juga. Kalau si doi cenderung mengambil keputusan yang berdampak bagimu dan dia tanpa bertanya terlebih dahulu, ini kurang baik. Kamu perlu didengar dan keinginanmu juga perlu dipertimbangkan.

Merasa berkuasa

Kalau si doi cenderung merasa berkuasa dan berhak mengatur segala hal, ini perlu diperhatikan. Kalau kamu diperlakukan dengan baik, tapi orang lain justru diperlakukan kasar dan gak pantas—bisa jadi perlakuan terhadapmu itu gak tulus. Perhatikan bagaimana mereka memperlakukan pelayan, pekerja, hingga binatang.

Merasa gak nyaman di dekat mereka

Mungkin selama ini kamu meyakinkan diri bahwa pasanganmu itu adalah yang terbaik. Namun, perasaanmu ketika berada di dekat mereka akan menunjukkan apakah pikiran itu benar. Kalau kamu justru merasa cemas, takut, dan nggak terlihat saat berada dengan si doi—itu sudah gak sehat.

Nah, itu dia beberapa red flag atau peringatan dalam suatu hubungan. Ada baiknya evaluasi hubunganmu jika menemukan beberapa atau bahkan semuanya dalam hubunganmu. Toxic relationship lebih mudah diselesaikan di awal, semakin lama dijalani akan semakin sulit untuk keluar. (*)

 

Related Articles
Lifestyle
Tujuh Kesalahan Fatal yang Bisa Bikin Hubungan Rusak dan Sulit Diperbaiki

Lifestyle
17 Kalimat Andalan Pasangan Toxic Ini Bisa Menghancurkan Hubungan

Lifestyle
5 Tips Biar Hubungan Bisa Langgeng, Perhatikan Red Flags yang Harus Dihindari