Korea

Fans Buktikan Bukan Akun Asli, Spotify Hapus "Verified" di Playlist Jungkook

Delima Pangaribuan

Posted on January 8th 2022

Baru aja kemarin Jumat (7/1), fans dihebohkan dengan adanya akun Spotify baru yang diduga milik Jungkook BTS. Playlist itu berisi lagu-lagu artis yang dipilih Jungkook dan langsung di-follow sama ribuan pengguna. Namun belakangan, fans mendapati itu bukan akun asli. Dugaan fans ini diperkuat dengan hilangnya tanda 'verified' pada playlist akun tersebut.

Clout News Media lewat akun Twitter bahkan sudah memberitakan tentang akun 'palsu' ini. Mengutip Koreaboo, Clout News menyinggung soal profil Spotify Jungkook yang sempat viral dan kini tidak lagi terverifikasi. "Fans sekarang bertanya-tanya apakah memang profilnya palsu dan menunggu klarifikasi dari Big Hit Music," tulis Clout News pada Jumat malam.

Fans pun ikut mengumpulkan beberapa bukti yang mendukung dugaan mereka bahwa akun Spotify Jungkook ini bukan Jungkook beneran. Berikut bukti-bukti yang dikutip Koreaboo.

1. Adanya link GoFundMe


ARMY menemukan adanya tautan ke GoFundMe pada playlist Jungkook ini. Tepatnya ke penggalangan dana untuk anak bernama Arianna Delane yang menjadi difabel karena kena tembakan. Penggalangan dana ini baru dibuat bibi Arianna dua hari lalu. Fans paham sih, kalau member BTS suka berdonasi untuk orang-orang yang membutuhkan. Tapi proses penggalangan dananya nggak pernah dipublikasikan. Makanya ARMY langsung menduga, ini bukan akun Jungkook asli.

 

2. Kata kunci 'Jung Kook' nggak ditemukan
Biasanya pengguna bisa menemukan nama artis lewat kolom pencarian Spotify. Sayangnya, pas diketik 'Jungkook' atau 'Jung Kook', mesin pencarian Spotify nggak menemukan akun artis yang dimaksud. Berbeda dengan nama lain, misalnya Jin atau Suga, yang bisa langsunng ketemu dan terverifikasi sebagai artis.

 

3. Playlist yang nggak meyakinkan


Awalnya fans mengira playlist yang dipilih 'Jungkook' ini adalah bentuk apresiasi terhadap para artis yang dikagumi. Tapi ada satu playlist yang bikin fans mengerutkan dahi. Nama playlist-nya 'Gender Kills My Vibe', yang menurut fans agak terlalu sensitif. Selain itu, fans memperhatikan deskripsi playlist lain yang dibikin Jungkook, 'Dugeundugeun'. Deskripsi playlist ini memakai bahasa baku yang aneh dan nggak 'Jungkook' banget.

 

4. Nggak ada informasi resmi tentang artis di akun Jungkook


Kalau kita buka laman artis tertentu di Spotify, biasanya akan ada sedikit keterangan tentang artis tersebut. Ini bisa ditemukan di akun-akun member lain seperti Suga dan RM. Namun tidak ada pada akun Jungkook. Akun ini cuma tertaut dengan Instagram, Twitter, dan Wikipedia. 

 

5. Nggak ada yang ngeshare akun tersebut
Mungkin ini bukti yang paling jelas. Nggak ada member BTS, bahkan Jungkook sendiri, yang woro-woro atau mengumumkan adanya akun tersebut di platform media sosial lainnya. Padahal biasanya member atau agensi bakal ngumumin, minimal di Twitter. (*)

(Foto-foto: Koreaboo)

Artikel Terkait
Korea
Suga BTS Bagikan Sekilas OST Webtoon '7Fates: Chakho'

Korea
Jungkook BTS Cerita Soal Proses Bikin Lagu "Still With You"

Entertainment
Charlie Puth Akan Kolaborasi dengan Jungkook BTS buat Lagu ‘Left and Right’