Tech

Seperti Film, Ini Deretan Teknologi di CES 2022 yang Bikin Merinding

Jingga Irawan

Posted on January 8th 2022

Sebagian besar teknologi di Consumer Electronic Show (CES) 2022 tak berbahaya dan ramah. Tetapi ada beberapa ide di balik itu semua yang bisa membuat penonton merinding. Mulai dari robot otonom, robot T-800 yang kelihatannya baik, dan bantal yang bisa bergerak sendiri. Yuk simak selengkapnya!

Traktor otonom John Deere

Jika James Cameron membuat ulang opening section dari Terminator, kita mungkin melihat traktor John Deere bergemuruh di atas sisa-sisa kerangka peradaban manusia. Tentu saja, traktor 8R telah dibuat dengan tujuan untuk membantu para petani mengolah tanah mereka dengan lebih efisien, tetapi coba bayangkan mesin besar itu berjalan tertatih-tatih ke arah kalian tanpa ada orang yang mengemudikannya.

Taktor 8R juga menggunakan kecerdasan buatan, ditambah enam pasang kamera stereo, untuk mengemudi sendiri. Namun kabar baiknya, petani dapat mengontrol traktor dengan aplikasi smartphone. Traktor itu juga punya kemampuan untuk menganalisis tanah yang digarapnya. Sehingga dapat memberi petunjuk praktis kepada petani tentang cara mengelola lahan dan tanamanlebih efisien.

Robot Ameca

Dikerjakan oleh Engineered Arts, pembuat robot hiburan terkemuka di Inggris, robot Ameca pertama kali tampil di depan umum di CES 2022 dan dirancang untuk menyambut pengunjung ke acara atau atraksi.

Ameca tentu saja pintar, ia dilengkapi teknologi artificial intelligence (AI) dan kamera di setiap matanya yang memungkinkannya merespons gerakan dan melacak wajah. Untungnya, robot itu belum bisa berjalan.

Bantal Penghilang Dengkuran

Motion Pillow terlihat tak berbahaya. Bantal itu diisi dengan kantung udara kecil yang dengan lembut mendorong kepala ke posisi lebih baik untuk bernapas di malam hari. Tapi apa yang terjadi ketika ia memutuskan untuk mengakhiri dengkuran secara permanen?

Mungkin imajinasi kita terlalu berlebihan, tetapi bantal yang bisa melihat penggunanya tidur dan bergerak sendiri berpotensi menjadi bahan mimpi buruk.

Untungnya, Motion Pillow sangat berguna. Sistem gerakan AI-nya mendeteksi dengkuran, menemukan posisi kepala, lalu perlahan-lahan menggerakkannya ke samping untuk membantu membuka saluran udara. Dengan asumsi ini tak membangunkan kalian, itu juga akan menampilkan statistik tidur yang jauh lebih baik.

Digital Twins Hyundai

Penghargaan visi masa depan yang paling mengerikan di CES 2022 jatuh pada Hyundai, visi itu merupakan ide dasar untuk tentang metaverse dan robot. Seperti persilangan antara Mirror Worlds karya David Gelernter dan Snow Crash karya Neal Stephenson, presentasi Hyundai berkisar pada konsep ‘digital twins’, sebuah gagasan yang belum sepenuhnya tergambar dalam fiksi ilmiah.

Dalam visi Hyundai, robot secara efektif adalah proxy kita, bertindak sebagai mata dan telinga kita, atau bahkan memungkinkan kita untuk memeluk keluarga dari benua lain saat kita pergi bekerja. Perusahaan bahkan menggambarkan orang-orang yang mengunjungi Mars dengan robot Boston Dynamic mereka.

Keuntungan dari 'metamobilitas', di mana keterbatasan fisik tak lagi menjadi penghalang bagi siapa pun, tentu saja mengasyikkan, tetapi sulit untuk tak memikirkan kehadiran dunua dystopian ketika kalian telah menonton film-film fiksi seperti di Blade Runner dan The Matrix.

Robot Beonmi

Mengambil konsep HyundaI tentang 'Digital Twins’ dan mengubahnya menjadi kenyataan yang agak ngeri adalah robot Beonmi 1.0, yang sudah berevolusi dari waktu ke waktu. Dari yang dikemudikan manusia menjadi robot humanoid yang sepenuhnya otonom.

Wajah 'konsentrasi' Beonmi memang agak intens dan awalnya membuat orang ketakutan, tetapi robot itu juga bisa tersenyum dan senang bekerja di berbagai bidang, termasuk pertanian, logistik, dan  konstruksi ruang angkasa.

Nah itu tadi gengs beberapa ide dasar teknologi yang tampaknya masih asing banget untuk diterapkan sehari-hari menurut Mainmain. Gimana menurut kalian? sudah berniat membeli salah satu teknologi di atas?(*)

Related Articles
Tech
Hyundai Ingin Mengubah Segalanya Menjadi Robot

Tech
The Game Awards 2021 Bisa Dihadiri Lewat Metaverse

Tech
Karena Pandemi, FedEx Kini Manfaatkan Robot untuk Sortir Paket Antaran