Entertainment

7 Langkah Simpel Bisa Lebih Disukai dan Diterima Orang Lain

Kezia Kevina Harmoko

Posted on January 7th 2022

(Gambar: Freepik)

Pernah nggak sih heran sama seseorang yang disukai banyak orang? Pembawaan mereka seakan positif banget dan bikin kita langsung kagum. Eits, ini bukan perihal aura atau hal-hal gak kasat mata kok, tapi bisa dikembangkan dengan tindakan sederhana.

Ada beberapa langkah simpel agar kita bisa disukai dan diterima banyak orang seperti yang dicetuskan oleh psikolog Natalie Kerr, seperti yang dilansir Psychology Today.

Sering terlihat

Hal-hal yang sering kita lihat cenderung lebih kita sukai. Ini fenomena bernama exposure effect. Nah, kamu bisa mempraktikkan ini dalam pertemuan sosial. Misal lagi di Zoom atau Google Meet, coba deh on cam. Kalau ada kegiatan sekolah, hadir dan aktif. Nggak perlu mengikuti terlalu banyak kegiatan, semampunya aja. Terlalu sering muncul justru jatuhnya menyebalkan, seperti pas mendengar lagu yang itu-itu aja.

Ingat nama orang

Ini hal simpel banget, tapi kadang susah dilakukan kalau ingatan kita kapasitasnya low. Mengingat nama orang bisa bikin orang tersebut merasa dihargai dan penting. Kesan buat kita jadi bagus deh. Kalau baru berkenalan, coba ulangi nama orang tersebut beberapa kali dalam percakapan.

Misalnya ganti kata kamu jadi nama orang tersebut. Ini bakal bikin kita lebih ingat. Atau bisa juga pas kenalan, coba minta follow-followan Instagram. Setidaknya kalau kita lupa namanya, kita bisa cek lagi di history pencarian username.

Tanya-tanya

Bertanya terkait topik obrolan menunjukkan kita benar-benar mendengarkan. Jangan hanya bertanya sekali, tapi tanya kan pertanyaan follow up setelah mendapatkan jawaban. Bertanya secukupnya bikin kita terlihat tertarik dan menghargai lawan bicara kita. Namun, sesuaikan sama kondisi ya. Kalau lawan bicara tampak enggan banyak bicara, ya jangan ditanya-tanya terus. Bisa-bisa dicap kepo.

Senyum

Agak susah dipraktekkan kalau pas lagi masker, tapi bisa dicoba kalau lagi video call atau video conference. Senyuman ternyata bikin kita terlihat lebih menarik bahkan bisa mengompensasi penampilan yang relatif nggak menarik.

Cari kemiripan

Ini mungkin klasik banget ya. Tentu kita bakal tertarik dengan seseorang yang punya interest sama dengan kita. Nah, mungkin bakal agak kaku kalau langsung tanya hobi. Kamu bisa coba lihat Instagram orang tersebut lalu cari hobi, acara yang pernah diikuti, atau apa pun yang mirip dengan diri kita. Ini bisa jadi bahan obrolan juga, tapi jangan maksa apalagi berbohong.

Hubungkan diri kita dengan perasaan positif

Kita cenderung menyukai orang yang memberikan reward buat kita. Reward nggak melulu materi, tapi bisa juga perasaan positif. Kita pastinya nggak akan suka dengan orang yang bikin kita kesal kan? Nah, kamu bisa coba untuk memberikan pujian tulus (jangan berlebihan) dan berbicara ramah pada orang lain.

Ekspresikan apresiasi

Kalau habis hangout, coba katakan apresiasimu perihal kehadiran mereka. Sering kali kita memberi kesan positif bagi orang yang menghargai kita. Maka dari itu, mulai aja memberi apresiasi terlebih dahulu.

Nah, itu dia beberapa langkah simpel agar bisa lebih disukai orang lain. Kita tetap perlu effort untuk menjalin hubungan sosial, jadi bukan sesuatu yang negatif kok berusaha disukai orang lain. Asalkan nggak sampai memaksakan diri atau mengubah jati diri ya! (*)

 

Related Articles
Lifestyle
5 Tips Menghindari Drama Gak Penting dengan Orang Lain

Lifestyle
Kenapa sih Interaksi Online Gak Bisa Memuaskan Seperti Interaksi Langsung?

Lifestyle
Menjaga Kedekatan Pertemanan Selama Pandemi? Ikuti 5 Tips ini...