Tech

Aplikasi Truth Social Milik Trump Dirilis Februari

Jingga Irawan

Posted on January 7th 2022

Media sosial baru milik mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, Truth Social, akan diluncurkan di iOS pada 21 Februari. Aplikasi itu dibuat oleh Trump Media and Technology Group (TMTG), perusahaan media baru Trump yang dipimpin oleh mantan anggota republik AS Devin Nunes.

Berdasarkan contoh tangkapan layar di daftar App Store, Truth Social sangat mirip dengan Twitter.  Dan posting-annya memiliki ikon untuk balasan, retweet, favorit, dan share. Dalam deskripsi aplikasi, Truth Social juga menggambarkan setiap posting-an individu sebagai "kebenaran.”

Desain seperti Twitter pasti bukan kebetulan. Twitter merupakan megafon favorit Trump selama bertahun-tahun, sampai ia diblokir secara permanen pada Januari 2021. Tak lama setelah penyerangan 6 Januari ke gedung US Capitol.

Pada bulan Mei, mantan presiden berusia 75 tahun itu meluncurkan sebuah blog tempat dia memposting komentar panjang Twitter. Tetapi itu tak sepopuler akun Twitter sebelumnya. Dan blog itu ditutup kurang dari sebulan setelah diluncurkan. Trump kemudian menggugat Twitter pada Oktober 2021, karena berusaha memulihkan akunnya.

Tak jelas apakah Truth Social akan tersedia di web atau Android juga pada 21 Februari mendatang. Jika  mengunjungi situs web Truth Social sekarang, hanya ada tombol untuk memesan aplikasi gratis di App Store dan form yang dapat diisi untuk bergabung dalam daftar tunggu. Juga tak jelas apakah media sosial itu selamanya akan memiliki sistem hanya khusus untuk undangan.

Truth Social telah diluncurkan dalam versi beta “khusus tamu undangan,” kata Trump sebagai bagian dari pengumuman Desember tentang kemitraan TMTG dengan situs video Rumble. Rumble rencananya akan menyediakan teknologi video dan streaming untuk Truth Social.

Namun, Truth Social telah menuai beberapa kontroversi. Aplikasi itu dibuat menggunakan kode sumber Mastodon. Pada bulan Oktober, Mastodon menerbitkan pernyataan yang mengatakan bahwa Truth Social melanggar lisensi software Mastodon karena Truth Social mengklaim bahwa itu adalah hak milik serta tak membagikan kode sumbernya kembali.

Mastodon mengatakan telah mengirim surat resmi kepada kepala petugas hukum Truth Social yang meminta agar kode sumber dibagikan, dan Truth Social telah menambahkan bagian "Sumber Terbuka" ke situs webnya.(*)

Foto: The Guardian

Artikel Terkait
Tech
Aplikasi Truth Social Milik Trump Dicap sebagai Bencana

Current Issues
Trump Segera Rilis Platform Media Sosial, Tertarik Join?

Tech
Mirip Twitter, Aplikasi Media Sosial Baru Trump Akhirnya Rilis untuk iOS di AS