Korea

Big 4 Kpop Rencanakan World Tour hingga Bisnis NFT Sepanjang 2022

Delima Pangaribuan

Posted on January 6th 2022

Pandemi yang masih terjadi tak membuat industri Kpop mundur. Justru makin berinovasi dengan berbagai bisnis. Nggak heran kalau fans dan publik penasaran apa yang akan dilakukan agensi Kpop selama setahun ke depan. Khususnya empat agensi besar atau Big 4. Yakni SM Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment, dan HYBE Label.

Mengutip AllKpop, keempat agensi besar ini mencatat pencapaian yang luar biasa sepanjang 2021 lalu. Antara lain dengan mendebutkan line up artis baru yang istimewa, juga menghasilkan comeback artis-artis yang brilian. Fandom pun berkembang secara masif di Amerika dan Eropa. Penjualan album ikut menjulang meski nyaris tidak ada konser fisik selama dua tahun.

Nggak mau menyia-nyiakan kesempatan, mereka pun mengekspansi bisnis menggunakan IP (intellectual property) para artisnya. Di antaranya dengan mengembangkan platform untuk fans seperti Weverse dan Universe, serta mulai memanfaatkan metaverse dan NFT (non-fungible token).

Nah, apa yang kira-kira akan dilakukan Big 4 ini pada 2022? AllKpop memprediksi, dengan kondisi Covid-19 yang makin terkendali, industri Kpop kemungkinan besar bisa kembali ke aktivitas offline. Tentunya dengan berbagai penyesuaian era pandemi, sehingga pengalaman fans menikmati Kpop akan lebih aman.

Kita mulai dari HYBE Label. Fandom dari grup di bawah HYBE (BTS, SEVENTEEN, TXT, ENHYPEN) berkembang pesat selama 2021. Untuk 2022, HYBE akan memaksimalkan para artis untuk aktivitas di Korea maupun luar Korea. 

- ENHYPEN bersiap comeback dengan album Dimension: Answer pada 10 Januari nanti, sebagai pembuka rangkaian comeback HYBE.
- BTS direncanakan merilis album baru tahun ini dan mengadakan konser offline di Seoul pada Maret.
- HYBE akan mendebutkan dua girl group baru di bawah sub label ADOR dan Source Music. 
- HYBE juga mempersiapkan project berupa global female group yang bekerja sama dengan Universal Music Group (UMG).
- Di Jepang, HYBE Japan mempersiapkan boy group baru melalui serangkaian program audisi.
- Weverse akan berkolaborasi dengan V Live untuk meluncurkan platform terintegrasi pada paruh pertama 2022.
- Akan ada platform NFT yang dirilis bersama operator cryptocurrency terbesar di Korea Selatan, Dunamu, pada paruh pertama 2022.

Selanjutnya, SM Entertainment akan fokus mempertahankan posisi mereka sebagai 'entertainment powerhouse'. Line up artis terbaru, NCT dan aespa, dilihat sebagai masa depan SM yang menjanjikan. SM juga semakin tangguh setelah mengembangkan SMCU (SM Culture Universe) dengan konsep masa depan dan metaverse, yang menjadi daya tarik bagi fans global. Tahun ini, SM berencana untuk melebarkan sayap, antara lain:

- Diawali dengan SMTOWN LIVE 2022: SMCU Express yang telah tayang pada 1 Januari lalu.
- NCT dan aespa akan semakin banyak aktivitas. Saat ini, grup-grup unit NCT (NCT Dream, NCT 127, dan WayV) juga aktif mempromosikan album terkini. Mereka punya target memecahkan rekor penjualan album terbanyak pada 2022.
- SMTOWN World Tour bakal digelar di beberapa kota besar di dunia.
- SM juga tengah mempersiapkan launching produk-produk NFT tahun ini.

Beralih ke JYP Entertainment. Selama 2021, grup-grup JYP seperti TWICE, ITZY, Stray Kids, dan NiziU menunjukkan performa luar biasa untuk bisnis JYP. Tahun ini, JYP mempersiapkan sejumlah rencana, yakni:

- Penjualan merchandise bersama dengan world tour untuk TWICE . TWICE sudah dijadwalkan untuk konser di lima kota Amerika Serikat pada Februari dan selama dua hari di Tokyo Dome Jepang.
- Tur konser Amerika dan Jepang untuk ITZY dan Stray Kids, serta tur Jepang untuk NiziU.
- JYP juga mendebutkan boy band baru yakni Xdinary Heroes (XH) dengan konsep dua dunia: nyata dan virtual. Februari mendatang, JYP akan merilis Blind Package untuk grup ini.
- Boy group LOUD yang dibentuk dari audisi 2021 lalu akan debut juga tahun ini.
- Sebagai pioneer NFT untuk perusahaan entertainment besar di Korsel, JYP akan meneruskan platform bisnisnya berkaitan dengan NFT dan digital goods.

Terakhir adalah YG Entertainment. Agensi ini berhasil bertahan di jajaran atas berkat artis-artis seperti BLACKPINK, TREASURE, iKON, dan Winner. Fans masih kecewa karena belum ada kabar soal Bigbang dan sempat ada isu tentang pembubaran 2NE1. Meski demikian, YG tetap berusaha memberikan pembaruan-pembaruan terbaik sepanjang 2022 mendatang, antara lain:

- TREASURE akan menjadi grup pertama yang comeback tahun ini.
- BLACKPINK tengah mempersiapkan tur dunia dan kabarnya akan merilis album full kedua juga tahun ini.
- Rose dan Lisa berhasil dengan debut solo mereka tahun lalu, jadi ada kemungkinan YG bikin sesuatu dengan dua member BLACKPINK ini untuk memperkuat fandom.
- YG juga mempersiapkan debut girl group baru yang kini dikenal dengan nama Baby Monster.
- YG melebarkan fandom artis-artisnya dengan bergabung di platform Weverse sejak tahun lalu. Diharapkan fandom mereka makin berkembang tahun ini.
- YG juga berkolaborasi dengan platform metaverse ZEPETO, kemudian membuat BLACKPINK House dengan intellectual property (IP) BLACKPINK.
- Mereka juga membuka the SamE, project space untuk para artis dan fans. (*)

(Foto-foto: Soompi)

Related Articles
Korea
TREASURE Resmi Buka Fan Page di Weverse

Korea
Warganet Duga Alasan Sullyoon NMIXX Pilih JYP Meski Diterima di YG dan SM

Interest
Bored & Hungry, Restoran Bored Ape Yacht Club Pertama Resmi Dibuka