Tech

Sony Pamer SUV, Mulai Bisnis Mobil Listrik dengan ‘Sony Mobility Inc.’

Jingga Irawan

Posted on January 5th 2022

Satu lagi pemain utama bisnis teknologi nyemplung ke industri kendaraan listrik. Di acara Consumer Electronic Show, Presiden dan CEO Sony Kenichiro Yoshida memamerkan prototipe baru mobil listrik (EV) konsep Vision S-nya.

Perusahaan itu juga mengumumkan bahwa Sony Group memulai divisi baru bernama Sony Mobility Inc yang akan mulai menjual kendaraan listrik.

Di panggung CES, perusahaan menunjukkan sedan Sony Vision-S yang sebelumnya diungkap di CES tahun lalu. Tahun ini, perusahaan merambah line-up model baru, yakni prototipe SUV Sony Vision-S.

“Kegembiraan yang kita terima setelah kita memamerkan Vision-S benar-benar mendorong kita untuk lebih mempertimbangkan bagaimana kita dapat membawa kreativitas dan teknologi untuk mengubah pengalaman berpindah dari satu tempat ke tempat lain,” kata Yoshida, sebelum mengungkapkan prototipe SUV Vision S yang baru.

“Ini adalah SUV Vision-S baru kami. Vision-S telah dikembangkan di atas dasar keamanan, kemampuan beradaptasi, dan hiburan. Keselamatan telah menjadi prioritas nomor 1 kami dalam menciptakan pengalaman mobilitas yang nyaman.”

Pada show itu, Yoshida menyebut bahwa kendaraanya memiliki sebanyak 40 sensor yang dipasang di dalam dan di luar kendaraan untuk memantau keselamatan.

Perusahaan juga mempersonalisasikan kabin untuk setiap pengguna. Dengan 5G, setiap kendaraan Sony juga memiliki konektivitas berkecepatan tinggi, kapasitas tinggi, dan latensi rendah antara sistem dalam kendaraan dan cloud.

Vision-S juga mengembangkan mobilitas dalam ruang hiburan termasuk pengalaman bermain game dan audio.

Sony mengumumkan bahwa mereka mendirikan perusahaan baru, Sony Mobility Inc., untuk mempercepat upaya peluncuran komersial EV Sony. Perusahaan juga mengisyaratkan bahwa EV Sony mungkin akan bisa segera dibeli dalam waktu dekat.(*)

 

Artikel Terkait
Tech
6 Tahun Lagi Harga Mobil Listrik Lebih Murah Dibanding Kendaraan BBM

Tech
Wujudkan Ambisi Kuasai Pasar EV, GM Investasi Besar ke Perusahaan Lithium

Tech
Volvo Berencana Hanya Jual Mobil Listrik Mulai 2030