Korea

Lee Jung Jae Putuskan Tak Hadir di Golden Globes Meski Masuk Nominasi

Delima Pangaribuan

Posted on January 5th 2022

(Soompi)

Masuk ke dalam jajaran nominasi Golden Globes Awards mungkin jadi mimpi banyak insan perfilman di dunia. Nggak terkecuali aktor-aktor Korea Selatan seperti Lee Jung Jae. Pemeran utama Squid Game itu beruntung bisa masuk ke nominasi tahun ini.

Namun, diansir Soompi, Lee Jung Jae memutuskan untuk nggak menghadiri perhelatan akbar di Amerika Serikat tersebut. Alasannya karena banyak sineas dan insan perfilman memboikot acara tersebut. Mereka memboikot Golden Globes lantaran isu korupsi di internal dan diskriminasi terhadap peserta dari luar AS.

Agensi Lee Jung Jae yakni Artist Company menyampaikan keputusan aktornya itu pada 5 Januari ini. "Dia merasa sangat bersyukur bisa dinominasikan dalam kategori Best Actor di Golden Globes, tetapi dia memutuskan tidak menghadiri acara penganugerahan," jelas Artist Company seperti dikutip Soompi.

Artist Company melanjutkan bahwa Lee Jung Jae tidak ikut karena Netflix juga mundur dari acara tersebut. Padahal Netflix merupakan platform di mana Squid Game tayang. Lee Jung Jae juga mempertimbangkan situasi Covid-19 yang kasusnya mulai naik lagi karena Omicron.

Golden Globes merupakan acara penghargaan Amerika Serikat yang fokus pada dunia perfilman. Nominasi dan pemenangnya dipilih oleh Hollywood Foreign Press Association (HEPA). Acara ini biasanya menjadi rujukan dalam dunia film internasional. Namun beberapa tahun terakhir, mereka kerap mendapat kritik karena dianggap melanggengkan diskriminasi.

Akibatnya, banyak insan perfilman Hollywood yang memutuskan memboikot Golden Globes dengan absen dari acara tersebut. Beberapa aktor dan sutradara kawakan bahkan sudah menyatakan nggak akan menerima penghargaan apa pun meski diumumkan menang. 

Studio-studio besar seperti Netflix, Amazon, dan Warner Media juga menyatakan sikap nggak akan berpartisipasi di Golden Globes sampai ada penyegaran dalam organisasi tersebut. Sementara itu, NBC selaku stasiun TV yang bisa menayangkan Golden Globes memilih untuk 'absen' tahun ini dan nggak akan menyiarkan acara tersebut. (*)

Related Articles
Korea
Catat Sejarah, Squid Game Bawa Pulang 2 Trofi Critics Choice Awards

Korea
Drama Romantis Laku Keras, Netflix Perbanyak Konten Percintaan di 2022

Korea
Kagum Kekuatan Netflix dkk, Choi Woo Shik Punya Mindset Baru Ketika Baca Naskah