Tech

Hyundai Ingin Mengubah Segalanya Menjadi Robot

Jingga Irawan

Posted on January 5th 2022

Hyundai telah memamerkan beberapa konsep robotika praktis menjelang Consumer Electronic Show 2022. Sekarang, produsen mobil Korea Selatan itu membayangkan dunia menjadi serba robot.

Hyundai mengenalkan konsep Mobility of Things baru yang diklaim akan memberi daya pada banyak objek. Mulai dari tanaman rumah tangga, rak buku, hingga ambulans dan pod penumpang otonom.

“Hal-hal yang dapat dirobotisasi sifatnya tak terbatas," kata Dong Jin Hyun, wakil presiden dan kepala Lab Robotika Hyundai Motor Group, dalam sebuah pernyataan.

“Tujuannya agar robotika memungkinkan semua jenis mobilitas pribadi, terhubung untuk berkomunikasi, bergerak, dan melakukan tugas secara mandiri.”

Hyundai mengatakan sedang mengembangkan dua standar yang berbeda. Pertama, platform modular bernama "Plug and Drive" (PnD) yang menggabungkan perangkat kemudi, penggerak listrik dan suspesion hardware. Kedua, “Drive and Lift” (DnL) yang dapat mengangkat benda ke atas dan ke bawah.

Dikombinasikan dengan robot beroda empat MobED yang diumumkan bulan lalu, dua platform modular baru ini akan mampu menggerakkan berbagai objek secara mandiri, dari meja, wadah, hingga penggerak manusia.

Hyundai mengklaim platform modular dapat disesuaikan untuk memodifikasi ruang kantor yang dibangun khusus. Dan inovasi baru di bidang transportasi. Perusahaan membayangkan kendaraan eksklusif berukuran satu hingga dua meter sebagai mobilitas jarak jauh untuk satu penumpang.

Kedengarannya keren, tapi itu masih tergantung pada tampilannya di kehidupan nyata. Hyundai menggambarkan beberapa konsep itu dalam sebuah video. Di mana seorang wanita tua mengambil tongkatnya dari dudukan robot, yang kemudian dibawa ke sisi gedung apartemen bertingkatnya di kabin mobilitas individual.

Kemudian, kita melihatnya tersenyum puas dari dalam pod hitam mengilap empat roda saat ia berjalan di sudut kota. Pod tiba di "mother shuttle" yang berisi banyak pod lainnya, dengan tanda LED di depannya yang dimaksudkan bahwa kendaraan itu mungkin akan menggantikan bus kota.

Hyundai tampaknya ingin membuat terobosan baru untuk masa depan robotika. Tahun lalu, perusahaan, yang memiliki saham di Boston Dynamics, meluncurkan versi baru dari konsep "mobil berjalan" berkaki empat bernama TIGER, atau "Transforming Intelligent Ground Excursion Robot."

Itu merupakan kendaraan kedua yang keluar dari studio Ultimate Mobility Vehicles, dan yang pertama dirancang untuk sepenuhnya otonom, tanpa ruang untuk pengemudi atau penumpang.

Kendaraan itu dibangun di atas konsep yang diperkenalkan oleh Hyundai di CES pada 2017. Saat itu, perusahaan membayangkan perpaduan rumah pintar dengan kendaraan otonom dan furnitur futuristik sebagai pelengkap.(*)

Foto: Hyundai

Related Articles
Tech
Seperti Film, Ini Deretan Teknologi di CES 2022 yang Bikin Merinding

Tech
Elon Musk Ungkap Tesla Sedang Mengerjakan Robot Humanoid

Tech
Kenalkan, Ini Grace, Robot Perawat yang Lahir Saat Pandemi Covid-19