Current Issues

Masker Medis Sekali Pakai Jadi Kunci untuk Membendung Penyebaran Covid-19

Dwiwa

Posted on January 4th 2022


Meskipun vaksinasi masih merupakan cara yang ideal untuk melindungi diri Anda dan orang lain dari Covid-19, masker tetap menjadi salah satu senjata ampuh.

"Ini adalah lapisan perlindungan lain," kata John Segreti, MD, spesialis penyakit menular di Rush University Medical Center seperti dilansir dari Medical Xpress. "Vaksinasi dan booster masih berada di puncak piramida, tetapi masker ada di atas sana dan tepat di bawahnya."

Hal itu terutama benar karena varian baru membuat orang yang divaksinasi lebih rentan terhadap infeksi, meskipun dengan gejala yang biasanya lebih ringan dan risiko rawat inap dan kematian yang jauh lebih rendah.

Lalu, dengan kasus Covid-19 yang kini kembali melonjak di berbagai negara, perlukah kita memikirkan kembali masker mana yang harus diapakai? Menurut Segreti, hal itu tidak perlu, sebab masker bedah standar masih menjadi pilihan terbaik saat kita bepergian.

"Hal utama adalah pastikan bahwa maskernya pas dan tidak memiliki celah," katanya, mencatat bahwa kalian mungkin perlu menyesuaikan loop telinga untuk memastikannya pas di sekitar wajah. "Masker wajah biasa, jika dipakai dengan benar, yang pas, akan sama efektifnya melawan Omicron seperti yang lainnya."

 

Lalu bagaimana dengan masker kain?

Meskipun beberapa ahli telah menyarankan untuk membuang masker kain yang populer ketika gelombang delta dan omicron menyerang, Segreti mengatakan beberapa masih dapat memberikan perlindungan.

“Tergantung jenis masker kainnya,” katanya. "Jika tiga lapis, mereka bekerja sangat baik untuk kontrol sumber. Jadi jika seseorang terinfeksi, mereka cenderung tidak menularkan partikel infeksius jika mengenakan masker kain yang memiliki tiga lapisan."

Masker kain juga dapat membantu jika dipakai di atas masker bedah untuk memastikannya lebih pas. Segreti mengatakan dia tidak tahu apakah dengan cara ini bisa menyaring dengan lebih baik, tetapi yang terpenting adalah itu akan membuat masker jadi lebih pas di wajah dan tidak memiliki celah.

 

Bagaimana dengan N95

"Kesulitan dengan N95 adalah bahwa mereka harus diuji kecocokan oleh seseorang yang tahu bagaimana melakukannya," katanya. "Jika kalian tidak mendapatkan kecocokan yang sesuai dengan N95, itu tidak menawarkan perlindungan lebih dari masker biasa."

Meskipun masker dapat mencegah kita sakit, memakai masker juga berarti kita melakukan bagian untuk membendung penyebaran Covid.

"Ini benar-benar untuk melindungi orang lain," katanya. "Itu memang menawarkan perlindungan bagi orang yang memakainya, tetapi itu terutama untuk mencegah orang yang terinfeksi menyebarkannya." (*) 

Related Articles
Current Issues
Kasus Omicron di Indonesia Terus Bertambah, Saatnya Memperbarui Masker

Current Issues
CDC Sebut Masker Ini Paling Ampuh untuk Mencegah Penyebaran Omicron

Current Issues
Ada Varian Omicron, Apakah Masker Kain Masih Efektif? Ini Kata Ahli