Entertainment

Kanye West Sudah Mulai Garap Album ‘Donda 2’, Kelanjutan dari ‘Donda’

Koleksi lagunya memang banyak banget nih.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on January 4th 2022

(Foto: Kadeem Cobham)

Kanye West baru-baru ini dikabarkan sudah mulai mengerjakan album baru bertajuk Donda 2. Sesuai namanya, album tersebut akan jadi sekuel dari album Donda yang baru dirilis sekitar enam bulan lalu.

Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh Complex. Steven Victor, COO dari label GOOD Music, menyatakan bahwa Kanye sedang mengerjakan album Donda 2. “Ye telah mulai mengerjakan mahakaryanya, Donda 2,” ujar Steven pada Complex.

Ini jadi kali pertama rapper tersebut secara eksplisit membuat album serial. Sebelumnya album The College Dropout, Late Registration, dan Graduation hanya secara implisit disebut sebagai trilogi.

Masih minim sekali informasi tentang Donda 2. Yang jelas, Steven menyebut album tersebut sebagai masterpiece, jadi pasti penuh kejutan buat para penggemar.

Donda dirilis pada 29 Agustus 2021 lalu setelah beberapa kali penundaan dengan total 27 lagu. Angka yang besar untuk ukuran sebuah album musik. Sebenarnya ini gak terlalu mengherankan karena rapper yang kini bernama resmi Ye itu memang punya banyak koleksi lagu. September lalu, sound engineer Ye yaitu Nikolai Skrobat menyebut bahwa Donda yang dirilis sebenarnya belum usai dan banyak lagu yang “terlupakan”.

November lalu, Ye mengundang Drake, rapper sekaligus frenemy-nya untuk tampil bareng di konser amal Free Larry Hoover. Oktober lalu, album Donda berhasil meraih 1 miliar streams di Spotify, album Ye tercepat yang meraih pencapaian tersebut.

Ye juga sempat ingin membangun sekolah bernama Donda Academy meski belum jelas kapan rencana tersebut akan direalisasikan. Bukan hanya sekolah, rapper satu ini juga ingin merilis produk teknologi bermerek Donda. Nah, mari kita lihat update-update tentang segala rencana Ye ini. (*)

 

Artikel Terkait
Entertainment
Kanye West Disebut Akan Rilis Sekumpulan Lagu “Terlupakan” dari Album ‘Donda’

Entertainment
Kanye West Terbang Melayang ke Awan-Awan dalam MV ‘24’, Kenang Mendiang Sang Ibu

Entertainment
Kanye West Rilis Film ‘Jeen-Yuhs’, Cerita Awal Karier hingga Sukses