Sport

Studi: Ternyata Atlet Esport Lebih "Sehat" Dibanding Populasi Umum

Dwiwa

Posted on January 3rd 2022

Jika dilihat sekilas, esport memang tidak terlihat seperti jenis olahraga lain yang membuat tubuh banyak bergerak dan berkeringat. Tetapi siapa sangka, sebuah studi mengungkap jika atlet esport ternyata tetap lebih "sehat" dibanding populasi pada umumnya loh.

Dilansir dari Inside The Games, sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di The International Journal of Environment Research and Public Health menunjukkan bahwa pemain esports 21 persen lebih sehat dalam urusan berat badan. Dibanding dengan masyarakat pada umumnya.

Penelitian yang dilakukan oleh Queensland University of Technology itu meneliti 1400 gamers di 65 negara. Hasilnya, tidak hanya memiliki berat badan yang lebih sehat, mereka juga cenderung tidak merokok atau minum alkohol.

Michael Trotter, ilmuwan yang memimpin penelitian mengatakan temuan ini berkaitan dengan latihan fisik yang dilakukan atlet esports untuk menjaga mereka sehat secara mental.

"Sebagai bagian dari latihannya, atlet esports menghabiskan waktu lebih dari satu jam setiap harinya untuk olahraga fisik sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan bermainnya serta mengendalikan stres," ujar Trotter seperti dilaporkan oleh Daily Esports.

Trotter menyimpulkan bahwa para pegiat esports harus bisa fokus untuk melakukan aktifitas fisik. Pasalnya, hasil penelitian menunjukkan jika aktivitas fisik sangat berperan dalam kesuksesan seorang pemain. 

Popularitas esports telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dan pandemi Covid-19 secara khusus telah membuat esports semakin menonjol. 
Esport sendiri telah menjadi bagian olahraga resmi yang akan dipertandingkan di Asian Games Hangzhou 2022. Sebelumnya, esport sudah tampil sebagai olahraga demonstrasi di Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang, dan Asian Indoor and Martial Arts Games Ashgabat 2017.(*)

Pixabay/ITECHirfan

Related Articles
Esports
Resmi Jadi Cabor! Ini 8 Game yang Dipertandingan di Asian Games 2022

Sport
Deretan Bintang Sepak Bola Dunia Pemilik Tim Esports

Sport
Impor Pemain Amerika Serikat demi Persiapan M1 World MLBB