Tech

Ingin Ganti Ponsel di Tahun Baru? Lima Tips Ini Bantu Kamu Agar Tidak Salah Beli

Dwiwa

Posted on January 2nd 2022

Ada banyak alasan yang membuat seseorang mengganti ponsel lawas mereka dengan yang baru. Ada yang karena memang kemampuan gawai sudah menurun, tetapi ada juga yang hanya karena ingin selalu update dengan perkembangan teknologi. Apalagi saat datang tahun baru seperti sekarang ini.

Nah, terlepas dari semua alasan itu, membeli ponsel baru tidak boleh asal-asalan. Pasalnya, saat ini ada begitu banyak merek smartphone yang beredar di pasaran. Harganya pun sangat bersaing sehingga sering membuat kita kebingungan.

Tidak jarang, kita membeli sebuah ponsel hanya karena produk tersebut sangat sering muncul diiklan. Tetapi pada akhirnya, kita kemudian menyesal karena ternyata gawai tersebut tidak sesuai dengan harapan.

Lalu, bagaimana sih caranya agar kita bisa membeli ponsel baru yang berkualitas dan tidak membuat menyesal? Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima tips yang bisa kalian lakukan agar mendapatkan smartphone yang tepat.

1. Tentukan budget

Hal paling penting adalah menentukan berapa banyak uang yang akan kalian keluarkan untuk membeli ponsel. Hal ini akan mempermudah dalam memilih dan memilah gawai apa saja yang cocok.

Misalnya jika budget kalian ada di atas Rp 10 juta, ponsel-ponsel kelas flagship bisa menjadi pilihan yang lebih pas. Sebaliknya, jika dana hanya pas-pasan di angka Rp 2 jutaan, ponsel entry level jadi yang paling cocok.

Dengan begitu, kalian akan memiliki pilihan yang lebih sedikit sehingga tidak perlu terlalu bingung. Kalian juga akan lebih mudah ketika melakukan perbandingan spesifikasi ponsel di kelas yang sama.

2. Fitur apa yang paling dibutuhkan

Masing-masing dari kita tentu memiliki sesuatu yang paling dicari dalam sebuah ponsel. Ada yang mencari ponsel dengan kualitas kamera terbaik, ada juga yang mencari baterai awet, atau mungkin performa ngebut untuk bermain game. Menentukan mana yang paling kamu butuhkan akan memudahkan dalam memilih.

Misalnya, iPhone 13 Pro bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk yang berkantong tebal dan mencari fitur kamera yang apik. Sementara jika kantong pas-pasan, bisa memilih Samsung A32 atau Realme 8 yang juga mampu menghasilkan foto ciamik.

Tetapi perlu diingat, biasanya jika ada fitur yang ditonjolkan ada yang dikorbankan. Umumnya, jika kameranya sudah mumpuni, performa yang ditawarkan tidak terlalu istimewa. Tetapi ini mungkin tidak berlaku bagi ponsel kelas flagship ya.

3. Perhatikan RAM dan memori

Ini yang sering disepelekan oleh orang-orang yang akan membeli gawai baru. Mereka sering lupa memperhatikan berapa besar RAM dan ruang penyimpanan yang dibawakan dan hanya fokus pada fitur andalan.

Di tahun 2022 ini, sebaiknya kalian memilih ponsel yang setidaknya memiliki RAM 4 GB. Jumlah RAM ini masih mampu mengakomodir berbagai aktivitas multitasking pengguna di era sekarang. Tetapi jika budget memungkinkan, RAM 6 GB atau 8 GB lebih direkomendasikan.

Sementara untuk ruang penyimpanan internal, kapasitas 64 GB masih cukup aman untuk digunakan selama beberapa waktu ke depan. Tetapi ruang penyimpanan 128 GB mungkin akan lebih lega. Selain itu, jika ada slot untuk memori eksternal akan lebih baik.

4. Lakukan riset

Sebelum membeli ponsel baru, kalian juga perlu melakukan riset terlebih dahulu. Riset ini termasuk membandingkan calon smartphone pilihan kalian dengan kandidat lain serta harga di pasaran.

Melihat ulasan soal ponsel impian kalian dari para pengulas gawai di internet bisa menjadi salah satu cara termudah. Pasalnya, spesifikasi yang tertulis di atas kertas tidak selalu sama persis dengan ketika digunakan. Misalnya, kamera 32 MP dari dua ponsel berbeda memiliki kualitas yang juga berbeda.

Dari para pengulas ponsel, kita akan tahu mana yang kualitasnya lebih bagus di dunia nyata. Biasanya mereka menyertakan bukti hasil penggunaan sehari-hari, mulai dari daya tahan baterai, performa, hingga kualitas kamera. Dengan begitu, kalian tidak akan merasa “tertipu” saat membelinya.

Kalian juga perlu melakukan riset harga di pasar. Biasanya satu toko dengan yang lain memiliki perbedaan harga dan bonus yang tidak sama.

5. Perhatikan layanan purnajual

Ini juga menjadi salah satu poin yang sering diabaikan calon pembeli. Kalian harus memastikan jika layanan purnajual dari ponsel yang dibeli tidak mengecewakan. Ini termasuk masa garansi, update software hingga layanan reparasi.

Pastikan saat membeli semua itu tidak merugikan. Belilah ponsel yang menyediakan masa garansi cukup lama dan layanan reparasi yang mudah ditemukan. Ini akan memudahkan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada gawai.

Selain itu, pilihlah ponsel yang rajin memberikan update software, terutama update keamanan. Hal ini penting agar ponsel tidak mudah diserang oleh hacker yang sering memanfaatkan celah pada sistem keamanan sebelumnya.(*)

Foto: Pixabay/francycrave1

Related Articles
Tech
Dulu Populer Banget, Sekarang OS BlackBerry Resmi Berhenti Beroperasi

Tech
Tak Sekadar Mengambil Gambar, Ini 5 Fungsi Lain Kamera Ponsel yang Wajib Tahu

Tech
Bakal Rilis iPhone 13, Apple Gelar Event 14 September Mendatang