Interest

5 Strategi Berbasis Sains Ini Bantu Capai Resolusi di Tahun Baru

Dwiwa

Posted on January 2nd 2022

Sudah membuat resolusi apa saja nih di tahun baru? Yakin nggak kalau kalian bisa mempertahankan resolusi itu sampai akhir tahun?

Nah, jika kalian khawatir tidak bisa teguh memegang resolusi Tahun Baru 2022, ilmuwan perilaku telah menemukan sejumlah teknik loh untuk membantu. Trik ini sangat berguna untuk tujuan yang konkret dan kecil.

Berikut lima tips berbasis sains yang diambil dari buku “How to Change: The Science of Getting from Where You Are to Where You Want to Be" karya ilmuwan perilaku Katy Milkman yang bisa kalian coba agar bisa tetap berpegang teguh pada resolusi yang sudah dibuat.

1. Buat rencana berbasis tanda

Kita harus merencanakan resolusi secara terperinci, seperti kapan dan di mana itu akan dieksekusi. Dengan begitu, ingatan kita akan tergerak ketika waktunya tiba dan menimbulkan rasa bersalah jika kalian tidak melakukannya. Kalian bisa menuliskannya di kalender dan mengatur pengingat digital.

Perencanaan yang terperinci juga dapat membantu kita mengantisipasi dan menghindari rintangan. Jadi misalnya kalian berencana untuk melakukan meditasi saat makan siang, kalian pasti akan menolak pertemuan saat makan siang.

2. Pertimbangkan membuat hukuman

Meski terdengar seram, membuat hukuman atau pinalti jika tidak mencapai resolusi tahun baru bisa bekerja dengan sangat baik. Salah satu cara paling mudah adalah dengan memberi tahu teman resolusi kita, sehingga kita akan merasa malu jika mereka menanyakannya lagi dan tidak ada kemajuan yang dibuat. Kalian juga bisa mengumumkannya di sosial media agar “pinalti” lebih terasa.

Untuk pinalti yang lebih besar, Milkman menyarankan untuk membuat taruhan dengan teman atau saudara. Misalkan kalian akan membayar jika tidak berpegang teguh pada resolusi tahun baru. Hal ini akan membuat kalian lebih termotivasi untuk sukses. Ini karena insentif mengubah keputusan kita dan hukuman akan membuat kita lebih termotivasi dibanding hadiah.

3. Buat jadi menyenangkan

Sebagian besar dari kita berusaha seefisien mungkin dalam mencapai tujuan. Misalkan jika ingin menurunkan berat badan, melakukan diet ketat akan membuat prosesnya jadi lebih cepat. Tapi penelitian menunjukkan jika berfokus pada efisiensi dapat membuat kita dalam posisi sulit karena kita mungkin tidak menikmati prosesnya.

Diet ketat mungkin terdengar seperti cara yang paling baik untuk lebih cepat mencapai tujuan. Namun studi menunjukkan jika menambahkan elemen menyenangan membuat kita bisa bertahan untuk tetap melakukannya. Itulah hal paling penting untuk mencapai resolusi tahun baru.

Milkman juga menyarankan untuk mengombinasikannya kesenangan itu dengan rasa bersalah. Misalnya kalian hanya boleh menonton drama favorit jika sudah makan sehat seharian

4. Buat pengecualian darurat

Kita sering merasa sudah gagal dan menyerah ketika benar-benar menyimpang dari resolusi tahun baru yang disebut peneliti sebagai "what the hell effect". Misalnya, kalian berencana tidur awal setiap hari tetapi berakhir begadang pada hari sabtu karena menonton episode sebuah drama sehingga rencana kalian gagal.

Solusinya, kalian bisa membuat tujuan yang sulit (misalnya harus tidur jam 10 malam setiap hari) tetapi memberikan satu atau dua hari bebas. Penelitian menunjukkan cara ini akan membuat kalian mendapatkan hasil lebih baik dibanding membuat tujuan sulit maupun mudah tanpa ada ruang gerak.

Tujuan dari kelonggaran ini adalah untuk membuat kita termotivasi. Selain itu, alih-alih mengatakan “what the hell” ini akan lebih terdengar seperti “darurat” sehingga membuat kita tetap maju.

5. Minta bantuan teman

Terakhir, kalian bisa mendapatkan sedikit bantuan teman. Menghabiskan waktu di sekitar orang sukses akan meningkatkan kinerja kita. Misalnya jika resolusi tahun baru adalah menulis buku, bergaullah dengan teman yang berhasil menulis buku dan bisa menunjukkan bagaimana caranya.

Menghabiskan waktu bersama mereka akan membuat kalian mendapatkan sesuatu karena secara alami kita cenderung untuk menyesuaikan diri dengan pola perilaku mereka. Sejumlah studi juga menunjukkan jika kalian bertanya secara eksplisit kepada teman yang sukses cara mencapai tujuan yang sama dan mencobanya sendiri, kalian akan memiliki lebih landasan.

Anehnya, ada bukti jika melatih orang dengan tujuan yang sama dapat meningkatkan kesuksesan kita juga loh. Katika kita memberikan tips ke orang lain tentang cara mencapainya, itu meningkatkan kepercayaan diri.

Ini juga memaksa kita instropeksi diri tentang cara apa yang berhasil dan mana yang sebaiknya tidak dilakukan. Dan tentu saja kita akan merasa munafik jika tidak mengikuti kata-kata bijak kita sendiri.(*)

Foto: Pixabay/Tumisu

Artikel Terkait
Current Issues
Selalu Gagal Memenuhi Resolusi? Sambut Tahun Baru dengan Tips Ini!

Interest
Terpaut Beberapa Menit, Bayi Kembar Asal California Ini Lahir Beda Tahun

Interest
Resolusi Tahunan Yang Berakhir Jadi Guyonan