Lifestyle

6 Tips Simpel Lebih Percaya Diri dengan Tubuh Sendiri

Kezia Kevina Harmoko

Posted on January 2nd 2022

(Foto: pch.vector/Freepik)

Pernah nggak sih merasa tubuh kita ini banyak kurangnya dan bikin kita gak percaya diri? Mungkin banyak yang pernah merasakan ya. Apalagi di masa remaja, banyak perubahan yang terjadi dengan tubuh dan bikin kita makin nggak puas dengan tubuh sendiri.

Nah, kalau kamu merasa kurang percaya diri karena tubuh sendiri, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengikis perasaan tersebut. Tips ini dicetuskan oleh psikolog Chloe Brotheridge, seperti yang dilansir Psychology Today.

Atur feeds media sosial

Yup, media sosial memang se-ngaruh itu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial yang tinggi berhubungan dengan tingkat ketidakpuasan terhadap tubuh sendiri.

Nah, kamu bisa mulai bersih-bersih timeline. Kalau ada influencer yang bikin kamu merasa buruk dengan tubuh sendiri, langsung unfollow. Kalau yang bikin gak nyaman adalah teman dan nggak bisa di-unfollow, coba hide aja. Coba cari akun yang mempromosikan body positivity sebagai gantinya.

Fokus pada kemampuan tubuh

Kadang kita itu fokus ke apa yang gak kita punya, bukan apa yang sudah kita mampu lakukan. Coba pikirkan betapa kuat, cepat, dan menakjubkannya tubuh kita. Pas lagi workout, jangan fokus ke angka kalori terbakar, tapi lihat bagaimana tubuh kita mampu berolahraga. Pikirkan hal ini secara rutin.

Temukan diri kita

Tubuh hanya salah satu bagian dari diri kita. Secara utuh, kita itu seseorang yang mampu melakukan banyak hal. Coba tulis siapa aja sih diri kita ini. Mungkin kita seorang pelajar, pendengar yang baik, sahabat yang suportif, dan lain-lain. Tempel daftarnya di tempat yang sering kita lihat, mungkin di cermin atau meja belajar. Setelah sering baca daftar tadi, kita akan berpikir lebih positif tentang diri kita.

Jangan perhatikan angka jika mengganggu

Angka timbangan atau jumlah kalori terbakar nggak ada salahnya buat sesekali kita cek. Namun, kalau kamu merasa terganggu dan terbeban setiap melihat angka-angka itu, stop melihatnya. Kamu bisa tetap berolahraga tanpa melihat jumlah kalori yang terbakar. Kamu bisa berjalan, menari, atau melakukan kegiatan fisik lain dengan perasaan bahagia, bukan tertekan karena angka.

Rawat tubuh

Perlakukan tubuh kita dengan baik karena tubuh kita sudah banyak berjasa lho. Kamu bisa coba bath bomb terbaru, pergi spa, pijat, atau sekadar mandi air hangat buat menenangkan diri.

Coba style baru

Nggak ada salahnya lho mencoba gaya berpakaian baru. Coba deh dandan sebaik mungkin buat diri sendiri. Bersenang-senang dengan gaya itu asyik banget, pokoknya pastikan diri kita tersenyum pas bercermin. Terus jangan lupa, foto! Mungkin ada momen kita gak percaya diri buat difoto, tapi percayalah, di masa depan kita bakal senang kalau punya beberapa foto diri~

Nah, itu dia beberapa tips agar lebih percaya diri dengan tubuh sendiri. Kalau kamu merasa kesulitan menerima kondisi tubuhmu dan keseharianmu mulai terganggu karena perasaan itu—gak ada salahnya buat konsultasi ke psikolog lho. You’re worthy! (*)

Related Articles
Lifestyle
5 Langkah Berhenti Membenci Tubuh Sendiri dan Menerima Diri Apa Adanya

Entertainment
Hailey Bieber Sebut Tubuh Perempuan Terlalu Banyak Dikomentari, Minim Diapresasi

Entertainment
Cerita Billie Eilish Hadapi Komentar Buruk tentang Tubuhnya