Lifestyle

Kanban Board, Trik Manajemen Waktu dan To Do List biar Tugas Cepat Selesai

Kezia Kevina Harmoko

Posted on January 2nd 2022

Ilustrasi Kanban Board

Susah nge-track apa aja yang harus dilakukan dan lagi dilakukan? Saking terlalu banyak to-do-list, kadang pusing sendiri ya. Nah, buat kamu yang struggle buat mengatur waktu buat mengerjakan banyak hal, kamu harus coba metode Kanban Board.

Kanban Board adalah sebuah papan untuk memanajemen progress pekerjaan individu atau organisasi. Papannya bisa dalam bentuk fisik seperti papan tulis atau buku catatan, bisa juga pakai aplikasi digital.

Umumnya Kanban Board bakal menampilkan daftar pekerjaan yang harus kita lakukan, pekerjaan yang sedang dilakukan, dan pekerjaan yang sudah selesai. Kadang ada juga yang menambahkan kolom pekerjaan yang belum dimulai dan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan (blocker). Tiap pekerjaan ditulis di sebuah kotak atau kartu yang mudah dipindah-pindah.

Kolom-kolomnya bisa disesuaikan dengan jenis pekerjaan. Misal kalau di lingkup organisasi, bisa ditambahkan kolom “perlu dicek” atau “perlu dikembangkan”.

Kalau buat memanajemen to-do-list secara individu, kolomnya cukup to-do-list, in progress, done, dan blocker. Contohnya seperti yang dilakukan pengguna TikTok @6amto10pm ini. Kamu bisa pakai sticky notes kecil buat menulis pekerjaan yang perlu dilakukan. Satu sticky note buat satu pekerjaan.

Kalau status pekerjaan kamu berubah, tinggal cabut dan pindah ke kolom yang sesuai deh. Rasanya satisfying bisa memindahkan pekerjaan ke kolom done~

Kalau nggak mau repot menulis atau memindahkan secara fisik, Kanban Board bisa dibuat secara digital juga kok. Sudah banyak aplikasi atau web untuk membuat Kanban Board ini. Kamu bisa coba web seperti Trello.

Kanban Board di Trello

Bisa juga buat Kanban Board di aplikasi catatan Notion, tinggal pilih template Board.

Kanban Board di Notion

Nah, itu dia sekilas tentang Kanban Board. Semoga di tahun ini kita semua bisa punya manajemen waktu yang lebih baik ya! (*)

 

Artikel Terkait
Lifestyle
Cara Super Simpel Biar Lebih Produktif agar Tugas Selesai Lebih Cepat!

Tech
7 Aplikasi buat Mempermudah Kerja Kelompok, Biar Tugas Cepat Selesai

Lifestyle
Gampang Terdistraksi? Ini 3 Cara Melatih dan Meningkatkan Kemampuan Fokus