Interest

Baru Mulai Hobi Bersepeda? Berikut Tips Agar Semua Orang Aman di Jalan

Dwiwa

Posted on December 29th 2021

Pixabay/stanvpetersen

Bersepeda menjadi salah satu hobi yang semakin digemari semenjak pandemi Covid-19. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa memenuhi jalanan dengan sepeda masing-masing. Tetapi sayangnya, tidak jarang kita mendengar berita ada kecelakaan sepeda yang merugikan tidak hanya bagi si pengendara tetapi juga pengguna jalan lain.

Meski begitu, bukan berarti bersepeda di jalan tidak aman yah. Ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan agar selama bersepeda perjalanan tetap aman dan juga tidak membahayakan orang lain. 

Dilansir Popular Science, berikut beberapa tips sederhana bagi kalian yang sedang menggandrungi hobi bersepeda, terutama bagi yang baru mulai atau sudah lama tidak menggowes sepeda.

 

1. Patuhi aturan lalu lintas
Ingat ya, sepeda itu adalah kendaraan, sehingga harus berada di jalan. Itu berarti, pengendara juga harus mengikuti aturan yang sama di jalan seperti kendaraan yang lain, misalnya berhenti saat ada tanda berhenti dan lampu merah, menggunakan tanda saat akan berbelok, hingga berkendara di sisi paling kiri.

Intinya, pahami aturan bersepeda yang berlaku dan di jalur mana harus berkendara.
Sepeda juga harus dilengkapi dengan lampu jika kalian berencana berkendara dalam gelap, saat fajar, atau senja. Setidaknya, gunakan lampu putih di depan dan merah di belakang. Jika ingin lebih aman dan bisa melihat dengan lebih jelas saat cahaya minim, tambahkan lampu isi ulang atau garis reflektif ke rangka sepeda atau roda dan pakai baju atau tas yang reflektif.

Meski merupakan kendaraan, menurut peraturan yang berlaku di Indonesia sepeda boleh di trotoar. Tetapi, para pesepeda juga harus bisa menempatkan diri karena prioritas di trotoar itu bagi difabel dan pejalan kaki, dan terakhir baru sepeda.

 

2. Berkendara dengan aman
Selain mematuhi aturan lalu lintas, hal penting lain yang tidak boleh disepelekan adalah memakai helm. Sama seperti pengendara sepeda motor, helm pada pesepeda juga berfungsi sebagai pelindung kepala agar risiko mengalami luka fatal lebih kecil.

Berkendara juga harus berhati-hati dan tidak bertindak sembrono. Pasalnya, pengendara sepeda yang bergerak secara sembrono bisa membuat pengguna jalan lain gugup.

Doogie Roux, konsultan mikromobilitas dan pengendara sepeda yang berbasis di Houston dan Tulsa mengatakan itu artinya tetaplah berada di jalur kalian, tidak keluar masuk di padatnya lalu lintas, dan buat isyarat dengan tangan yang sesuai ketika akan melakukan sesuatu.

Selalu waspada ketika berada di jalan raya, apalagi di daerah dengan lalu lintas tinggi. Membuat diri kalian lebih “terlihat”, misalnya lewat pakaian, lampu, atau gerakan, juga bisa membantu agar pengendara lain menyadari keberadaan kalian.

“Lihat ke depan. Banyak yang dapat dihindari dengan melihat bahaya dan situasi sebelum mencapainya. Perhatikan mereka lebih awal, jadilah proaktif, dan berhati-hati,” tambah Roux.
Tidak hanya pada kendaraan yang bergerak, kalian juga harus waspada dengan kendaraan yang terparkir, terutama mobil. Pasalnya, tidak jarang pesepeda yang mengalami kecelakaan karena pintu mobil yang tiba-tiba dibuka karena pengendaranya tidak memperhatikan jalan dengan seksama. 

Karena itu usahakan menjaga jarak beberapa meter ketika ada mobil parkir dan perhatikan jendela dan kaca spion apakah di dalamnya ada seseorang yang mungkin bisa menyebabkan masalah.

Kalian juga harus waspada dengan mobil yang berhenti atau melambat. Sebab, tidak sedikit kecelakaan yang terjadi di persimpangan. Tidak jarang kita melihat pengendara kendaraan bermotor yang tidak sabar beralih ke jalur sepeda dan nyaris atau bahkan menabrak pesepeda. Karena itu, tetaplah waspada.

 

3. Tidak perlu terlalu khawatir
Meski semua aturan keamanan dan keselamatan sudah dilakukan, wajar jika terkadang kita masih merasa khawatir saat berkendara di jalan raya. Roux merekomendasikan untuk memulainya dengan perlahan dan berkendaralah bersama orang lain agar merasa lebih nyaman dan membangun kepercayaan diri.

Buat pengendara kendaraan bermotor melihat kalian sebagai manusia. Berkendara dengan percaya diri karena kalian juga memiliki hak yang sama berada di jalan seperti mereka. Tetapi itu bukan berarti jika kalian juga merasa harus diistimewakan dan boleh sembrono ya.

Jika mulai merasa tidak nyaman dengan apa yang ada di sekitar kalian, berhentilah sebentar. Saat sudah merasa baik atau tiba di tempat tujuan, pikirkan apa yang membuat kalian merasa tidak aman dan bagaimana mengatasinya. Misalnya bisa dengan mencoba jalur alternatif yang memang sudah ada jalur sepeda. Lakukan apa yang tepat menurut kalian.

 

Nah, itu tadi beberapa tips buat kalian yang baru mulai hobi bersepeda ya. Oh iya, buat kalian para pengendara kendaraan lain, jangan lupa juga berbagi jalan dengan pesepeda ya. Beri jarak sekitar satu meter dari spion dengan pesepeda agar semua tetap aman.(*)

 

Related Articles
Interest
Biar Badan Nggak Melar, Begini Cara Jitu Jaga Pola Makan Usai Ramadhan

Lifestyle
Awas, Diet Yo-Yo Berbahaya Bagi Kesehatan Loh

Lifestyle
Sarapan Ini Bisa Bikin Kolesterol Naik Loh, Stop Mulai Sekarang