Current Issues

Kasus Transmisi Lokal Omicron Terdeteksi, Masyarakat Diminta Batasi Mobilitas

Dwiwa

Posted on December 28th 2021

Pixabay/Alexandra_Koch

Kasus transmisi lokal varian virus corona Omicron pertama telah terdeteksi di Jakarta. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi dalam konferensi pers, Selasa (28/12).

“Kami sampaikan ada satu kasus transmisi lokal Omicron di RI sehingga Selasa 28 Desember terdapat 47 kasus konfirmasi positif Omicron di Indonesia,” ujarnya. Sementara itu 46 kasus lainnya merupakan kasus impor.

Kasus transmisi lokal ini merupakan seorang laki-laki berusia 37 tahun. Tidak ada riwayat perjalanan luar negeri dalam beberapa bulan terakhir atau pun melakukan kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri.

Nadia menjelaskan jika pasien tersebut dan istri sebenarnya tinggal di Medan tetapi rutin ke Jakarta sebulan sekali. Pria tersebut datang ke Jakarta pada 6 Desember, kemudian pada 17 Desember sempat mengunjungi Mall Astha District 8 SCBD. Pada 19 Desember melakukan tes antigen sebagai syarat untuk kembali ke Medan kemudian dinyatakan positif, sementara istrinya negatif.

Kemudian dilakukan tes PCR pada 20 Desember untuk konfirmasi dan hasilnya positif Covid-19. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan di laboratorium GSI (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium) dan pada 26 Desember dinyatakan terpapar varian Omicron.

Terkait kondisi pasien, Nadia menjelaskan jika kondisi klinis pasien hingga saat ini tidak bergejala dan tengah diisolasi di Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta. Sementara itu tracing untuk kasus ini masih terus dilakukan.

Dinas Kesehatan sudah berkoordinasi dengan dinas parekraf untuk melakukan tracing di tempat yang bersangkutan datangi, di restoran di wilayah SCBD, dan juga di sekitar tempat tinggal yang bersangkutan, serta melakukan tracing terkait kegiatan yang dilakukan selama berada di Jakarta. Selain itu juga akan dilakukan swab PCR kepada beberapa pegawai dan tenaga kesehatan serta kontak erat yang lain.

"Dengan ditemukannya kasus transmisi lokal ini pemerintah kembali mengingatkan dan meminta masyarakat untuk mengurangi mobilitas terutama dalam masa libur Natal dan tahun baru ini. Hindari kerumunan dan juga selalu memakai masker. Mari kita ajak saudara-saudara kita yang belum divaksin untuk segera divaksin," ujar Nadia. (*)

 

Related Articles
Current Issues
Cegah Peningkatan Omicron, Masyarakat Diminta Tak Lakukan Perjalanan Luar Negeri

Current Issues
Dipangkas, Kini Pelaku Perjalanan Luar Negeri Hanya Perlu Karantina 7-10 Hari

Current Issues
Ilmuwan Identifikasi Varian Versi Siluman dari Omicron, BA.2, Apa Itu?