Entertainment

5 Langkah agar Resolusi Tahun Baru Bisa Berjalan Sesuai Harapan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on December 27th 2021

(Gambar: jcomp/Freepik)

Sisa beberapa hari lagi nih kita berada di tahun 2021. Yang khas dari menyambut tahun baru tentunya resolusi! Hayo, mau ngapain aja nih di 2022?

Nah, buat kamu yang mulai menyusun resolusi tahun baru, coba deh ikuti beberapa langkah yang disarankan psikolog Joel Minden seperti yang dilansir Psychology Today.

Temukan alasan yang benar-benar jelas

Mungkin banyak di antara kita yang menentukan resolusi seperti rajin berolahraga tiap minggu, rajin membersihkan kamar, dan target-target serupa. Sayangnya, target seperti ini rawan macet di tengah jalan karena kita gak punya alasan jelas buat tetap melakukannya.

Nah, biar target yang kita buat tetap persuasif, coba tulis alasan-alasan jelas yang mendorong kita tetap melakukannya. Misal kalau kita rajin berolahraga, kita bisa punya kualitas tidur lebih baik atau bisa makin dekat dengan teman yang suka olahraga juga. Temukan alasan yang jelas dan personal biar target terasa penting.

Spesifik!

Kalau target bunyinya hanya seperti bisa punya “lebih banyak teman”, “lebih produktif”, atau kalimat-kalimat lain yang gak teralu spesifik—makin besar kemungkinan kita gak akan meraihnya. Misal kamu mau memperluas pertemanan, kamu bisa tulis resolusimu jadi “menghadiri support group tiap minggu”, “menghadiri pertemuan klub debat tiap Kamis”, atau yang lainnya.

Pasang target realistis

Mungkin kamu baru aja ingin hidup lebih sehat dengan berolahraga. Nah, kalau kamu menargetkan buat lari 5 km tiap hari, memang sih targetnya sudah spesifik, tapi perlu dipertimbangkan juga apakah itu realistis atau enggak.

Kalau ujung-ujungnya kita gak bisa mencapainya, kita bakal kecewa dan malas melanjutkan resolusi kita. Jadi, jaga targetmu tetap kecil, yang penting bisa tercapai dan memotivasi kita buat terus lanjut.

Siapkan alternatif kegiatan

Beberapa dari kita mungkin punya kebiasaan buruk yang ingin dihilangkan saat tahun baru. Nah, lebih baik jangan tulis resolusi seperti “tidak menggigit kuku lagi” atau “tidak kecanduan scroll TikTok lagi.” Kenapa? Karena susah banget buat meninggalkan aktivitas yang sudah lama jadi bagian dari diri kita.

Untuk mengurangi kegiatan yang gak diinginkan, kita perlu menyiapkan alternatif kegiatan. Misal kamu mau stop scrolling media sosial tanpa kenal waktu, maka buat resolusimu jadi “membaca buku 10 halaman sehari.” Misal mau mengurangi frekuensi tidur siang, tulis resolusimu jadi “jalan-jalan sejenak setelah makan siang.”

Tentukan “reward

Biasanya nih kalau masih kecil, kita bakal disuruh makan sayuran dan ditawarkan makan es krim setelahnya. Nah, ini sebenarnya bisa ditiru. Letakkan aktivitas yang ingin dijadikan kebiasaan di awal, lalu diakhiri dengan aktivitas yang bisa dinikmati. Misal kamu mau rutin berolahraga. Coba atur jadwal olahragamu sebelum jadwal keramas.

Nah, itu dia beberapa langkah agar resolusi tahun barumu bisa sukses. Selamat tahun baru buat kita semua!, semoga banyak hal baik terjadi di tahun 2022! (*)

 

Artikel Terkait
Lifestyle
Kenapa sih Kita Suka Menghindar Pas Ada Masalah? Begini Mengatasinya.

Lifestyle
5 Alasan Harus Move On dari Masa Lalu, Entah Itu Orang atau Kejadian Tertentu

Interest
5 Strategi Berbasis Sains Ini Bantu Capai Resolusi di Tahun Baru