Opinion

REVIEW The Silent Sea: Ide Segar, Plot Hambar

Delya Oktovie Apsari

Posted on December 27th 2021

The Silent Sea menawarkan drama yang penuh misteri dan thriller dengan latar luar angkasa. Tetapi, plot yang dibawakan tak cukup menarik. (Netflix)

 

"Kalau Bae Doona sudah main, karakternya pasti paling benar!"

Berikut pesan yang kukirimkan melalui telepati kepada Gong Yoo sepanjang menonton The Silent Sea. Maksudku, apakah kita tidak belajar dari Kingdom? Setengah berharap kalau pesanku benar-benar didengar Kapten Han Yun Jae. Suka lupa, kalau aku bukan penulis naskah.

Aku menonton The Silent Sea ketika teman-temanku sudah menyelesaikannya dan memberi opininya masing-masing. Ada juga jurnalis South China Morning Post yang menjadi bahan rasan-rasan warganet Korea karena memberi rating 1/5 untuk proyek ambisius ini.

Setelah menonton, rating tersebut tetap terlalu rendah buatku. Tetapi, bukan berarti aku tidak memahami alasannya.

The Silent Sea memang 'terlanjur' menanamkan ekspektasi tinggi. Ia merupakan drama sci-fi bertema luar angkasa pertama yang diproduksi Korea. Belum lagi, kemampuan kedua pemeran utamanya, Gong Yoo dan Bae Doona, jelas tak perlu diragukan.

Sayangnya, akting kedua suhu ini tidak banyak membantu jalan cerita The Silent Sea

The Silent Sea adalah drama yang diadaptasi dari film pendek buatan sang sutradara, Choi Hang Yong. Film pendek tersebut ia produksi sebagai syarat kelulusannya dari sekolah Film, TV dan Multimedia di Korea National University of Arts pada tahun 2014.

Jika membayangkan The Silent Sea sebagai film pendek dengan durasi 37 menit, aku bisa memahami kenapa film tersebut menarik perhatian Jung Woo Sung -- sampai-sampai, sang aktor mau memproduksinya dalam format drama. 

Mungkin itulah alasan utama, mengapa sebagai penonton, rasanya seperti diseret-seret plot sepanjang delapan episode. Ada terlalu banyak adegan tidak signifikan dan percakapannya pun tidak membantu supaya penonton bisa tetap tertarik dengan ceritanya. Tetapi, misteri yang ditawarkan terlalu sayang untuk dilewatkan. Terasa sekali, kalau The Silent Sea adalah drama yang 'dipanjang-panjangkan'.

Singkatnya, The Silent Sea punya ide cerita segar, namun plotnya terasa hambar.

Spoiler alert!

Di ranah Hollywood, kisah Bumi dalam kondisi distopia dan perjalanan ke luar angkasa yang gagal bukanlah hal baru. Namun, The Silent Sea punya caranya sendiri untuk membuat penonton bertanya-tanya -- walau sampai lelah mempertanyakan. 'Solusi' yang ditawarkan untuk mengatasi kekeringan di Bumi pun cukup mengagumkan bagiku. Dalam artian, bagaimana bisa Choi Hang Yong mendapatkan ide ini?

Akan tetapi, dalam perjalanan menuju jawaban, penonton masih belum bisa 'merasakan' apapun. Ia adalah tipe drama slow-burn yang pelit reward.

Sang sutradara menyebut bahwa pemantik idenya adalah proksimitas kita dengan bulan -- so close, yet so far. Kita dekat, tapi tak mengenalinya. Sedihnya, kisah yang diharapkan 'mendekatkan' kita pada bulan juga tak hadir. Hubungan antara eksperimen dan bulan pun tak dibeberkan. It's just a layers of unsolved mysteries

Jika ingin memahami, bisa dimengerti. Ketidaktahuan ini adalah hasil dari misi penuh kebohongan dari pemerintah, sedangkan tim harus menuntaskannya dengan tenggat waktu hanya 24 jam. Mungkin, The Silent Sea bisa lebih menarik jika jumlah episode-nya lebih ringkas.

Sang penulis naskah, Park Eun Gyo, sebelumnya sempat curhat bahwa ia kesulitan mencari referensi tulisan, karena Korea tidak punya banyak proyek sci-fi. Ia mengakui bahwa merupakan tantangan baginya untuk mengembangkan film pendek berlatar luar angkasa menjadi serial delapan bagian. 

Kebuntuan Park Eun Gyo bisa dirasakan sepanjang menonton The Silent Sea. Tetapi, usahanya untuk memberi pancingan supaya penonton deg-degan lagi dan lagi, patut diapresiasi. Thriller yang dijanjikan cukup tereksekusi. Ia juga berusaha menyajikan konflik lewat karakter-karakter yang bertubrukan satu sama lain.

Ada pula keinginan supaya penonton bisa memiliki ikatan emosional dengan dua karakter utama lewat beragam kilas balik. Akan tetapi, usaha tersebut tak membawa hasil maksimal. Sedangkan soal kekayaan cerita, The Silent Sea belum bisa menjamin penonton supaya tidak beranjak dari tempat duduknya. (*)

Artikel Terkait
Korea
Cuplikan The Silent Sea: Gong Yoo-Bae Doona Selidiki Kematian Misterius di Bulan


Korea
Penasaran Konsep Neraka: Alasan Yoo Ah In Bergabung dengan Hellbound