Lifestyle

Dibanding Keluarga Berry Lainnya, Raspberry Paling Tinggi Seratnya...

Dwiwa

Posted on December 26th 2021

Buah merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain menyediakan vitamin dan mineral, buah juga biasanya kaya serat. Nah salah satu yang mengandung berbagai jenis nutrisi dalam sekali makan adalah raspberry.

Dilansir dari Eat This, Not Taht!, sejauh ini raspberry merupakan buah terbaik untuk dimakan dalam hal jumlah serat makanannya yang tinggi. Satu cangkir raspberry mengandung 8 gram serat. Setara 32 persen dari nilai harian yang dibutuhkan. Referensi asupan diet untuk serat adalah 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria.

Serat sendiri berfungsi membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu juga membantu menjaga kesehatan usus dan peradangan, yang dapat menyebabkan penyakit autoimun di kemudian hari. Serta dapat membantu menurunkan berat badan loh.

Tidak hanya serat, Raspberry juga kaya akan nutrisi lainnya. Di dalamnya terkandung vitamin C, mangan, vitamin K, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, tembaga, tiamin, kalsium, seng, serta vitamin E, A, dan B6. Benar-benar lengkap dalam satu suapan.

Menurut Healthline, raspberry juga sangat tinggi antioksidan penting untuk kesehatan sel yang melawan stres oksidatif. Stres oksidatif yang tinggi dikaitkan dengan semua jenis penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Ditambah lagi, antioksidan telah terbukti memiliki sifat anti-penuaan yang membuat kalian jadi lebih awet muda.

Bagaimana dengan buah beri lainnya?

Meskipun berasal dari satu keluarga yang sama, tetapi manfaat yang didapat tidak akan sama. Misalnya blueberry adalah sumber nutrisi yang sama tetapi mengandung serat lebih sedikit (3,6 gram). Stroberi lebih rendah kalori dan sangat tinggi vitamin C, tetapi sekali lagi, kandungan seratnya tidak sebanyak raspberry (3 gram).

Tapi perlu diingat, makan semua jenis buah baik untuk tubuh. Meskipun raspberry merupakan buah terbaik untuk kesehatan, makan berbagai jenis buah lain dapat memastikan bahwa kita mendapatkan semua jenis vitamin dan nutrisi dari makanan.

Jadi, selalu pastikan ada buah dalam setiap kali kalian makan ya.(*)

Foto: Pixabay/Couleur

Related Articles
Lifestyle
Survei: Hampir Setengah Umat Manusia Makan Terlalu Banyak atau Terlalu Sedikit

Lifestyle
Diet Mediterania Jadi yang Terbaik di 2021, Apa Sih Kelebihannya

Lifestyle
Pola Makan Seperti Ini Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur Loh