Entertainment

Prestasi BTS di Jepang Masih "Kalah Tenar" daripada di AS, Kenapa?

Delima Pangaribuan

Posted on December 26th 2021

(AllKpop)

Beberapa hari terakhir, Sobat Kpopers MainMain udah disuguhi berita-berita tentang pencapaian BTS di akhir tahun. Mulai dari memuncaki Spotify, Billboard, sampai yang terbaru menjadi artis luar Jepang pertama yang merajai chart Oricon.

Prestasi-prestasi baru ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Korea Selatan. Tapi, seperti diberitakan AllKpop, warganet sana menilai kalau prestasi Amerika masih jauh lebih tenar daripada prestasi di Jepang. Padahal catatan BTS di Oricon Jepang merupakan rekor yang baru terpecahkan setelah 37 tahun, lho!

Artis luar Jepang yang terakhir kali memuncaki chart tersebut adalah Michael Jackson dengan album Thriller. BTS berhasil melanjutkan estafet rekor itu dengan album kompilasi mereka, BTS, THE BEST. Nggak cuma itu, BTS juga menembus 100 besar chart Oricon dengan sepuluh album mereka. Termasuk album-album lawas. Namun menurut warganet Korsel, BTS di Oricon ini justru nggak terlalu tersorot di Korsel sendiri.

Warganet pun mendiskusikan kira-kira faktor apa yang bikin pecah rekor BTS di Jepang nggak begitu 'menarik'. "Padahal BTS sudah meraup penghasilan 200 miliar won di Jepang saja," komentar warganet seperti dikutip AllKpop. Rupanya menurut mereka, penampilan BTS di Amerika Serikat-lah yang membuat berita tentang Jepang ini nggak begitu heboh dan justru cenderung tenggelam.

Mungkin ada kaitannya juga dengan sentimen waga Korsel kepada Jepang. Kedua negara ini memang punya sejarah yang cukup kelam dan hal tersebut masih menjadi topik sensitif untuk dibicarakan antara dua negara. Kalau menurut Sobat Kpopers Mainmain sendiri, ada alasan lain kenapa berita BTS di Oricon nggak begitu meledak? (*)

 

Related Articles
Entertainment
BTS Pecahkan Rekor Billboard Social 50

Entertainment
6 Lagu Kunci Kesuksesan Go International BTS

Entertainment
Jadi Pengisi OST Drama, BTS Bakal Rilis Lagu Jepang Stay Gold