Entertainment

Banyak Karakter ‘Don’t Look Up’ Mirip Sosok di Dunia Nyata, Siapa Saja Mereka?

Jingga Irawan

Posted on December 26th 2021

Don’t Look Up harusnya penuh komedi. Tetapi film garapan Adam McKay itu justru membawa pesan-pesan moral penting yang jauh dari bayangan kita semua.

Momen paling bahagia dari film itu terjadi ketika Dr. Randall Mindy (Leonardo DiCaprio) dan kandidat PhD Kate Dibiasky (Jennifer Lawrence) duduk bersama. Untuk makan malam dengan keluarga, teman, dan bahkan tunangan baru mereka. Mereka memutuskan menyerah untuk memperingatkan dunia bahwa ada komet raksasa akan menghantam bumi.  

Itulah getaran suram dan humor gelap yang hadir di seluruh menit Don't Look Up, sebuah drama yang penuh gairah. Di mana orang-orang justru menertawakan kiamat dunia.

Film itu jelas dimaksudkan sebagai perumpamaan tentang akhir umat manusia untuk menghadapi kenyataan pahit dari ancaman perubahan iklim dalam 40 tahun terakhir.

Sementara Adam menulis dan mulai mempersiapkan proyek ini sebelum Covid-19, suasana film itu menjadi sedikit lebih mengerikan jika ditonton sekarang. Pasalnya, film itu mempertegas bahwa manusia tak bisa menutupi kebenaran di dunia.

Memang, film itu secara teknis adalah cerita fiksi. Apalagi seharusnya menjadi film komedi. Tetapi ada fakta bahwa unsur nyata di setiap karakter didasarkan pada banyak sosok penting yang mempengaruhi dunia saat ini. Siapa saja mereka?

Presiden Orlean Berkaitan dengan Perilaku Presiden AS Terdahulu

Ketika trailer Don't Look Up pertama kali dirilis, kalian akan berpikir bahwa Orlean didasarkan pada karakter Hillary Rodham Clinton. Wanita yang hampir menjadi Presiden Amerika Serikat. Tapi sosok yang jelas paling dia tiru bukan Hillary. Melainkan Donald Trump.

Seperti Trump, Orlean adalah mantan bintang televisi yang secara tak masuk akal naik ke politik nasional dan secara vokal blak-blakan menampilkan sifat anti-intelektualisme dan anti-sains.

Baru tahun lalu, ketika Don't Look Up sedang bersiap untuk syuting selama Pandemi Covid-19, Trump mengatakan kepada Wade Crowfoot, sekretaris sumber daya alam California, bahwa dia pikir bumi akan "menjadi lebih dingin.” Ketika Crowfoot menjawab bahwa dia berharap sains akan mengamini ucapan presiden, Trump malah menimpali, "Yah, menurutku sains sebenarnya tak tahu."

Mantan presiden membuat pernyataan tak percaya itu ketika California dirusak oleh kebakaran hutan terbesar. Dan pada tahun yang sama ia juga memberi tahu orang Amerika bahwa Covid-19 adalah “hoax” yang dibesar-besarkan oleh DNC dan akan hilang pada tahun 2020 “seperti sebuah keajaiban."

Acuhnya Orlean dalam film menunjukan bahwa dia terlibat dalam penyalahgunaan jabatan, seperti kronisme dan nepotisme. Termasuk dengan menjadikan anaknya sebagai kepala staf Gedung Putih. Yang juga kita bisa lihat bahwa Trump mengangkat orang-orang sekitarnya untuk punya jabatan di Gedung Putih.

Tapi Orlean tak hanya menggambarkan Trump. Ia juga menggabungkan unsur-unsur tokoh politik lain di seluruh spektrum. Dari fakta dia terlihat dalam satu foto memeluk mantan Presiden Bill Clinton, dan agak meniru perilakunya yang sederhana.

Dia juga mengungkap rahasia kecil mantan Presiden Barack Obama. Juga seperti Obama, dia memiliki kebiasaan difoto dengan selebriti. Obama juga memiliki kecenderungan untuk mempercayai para ahli yang berasal dari sekolah-sekolah Ivy League sebagai ahli yang paling kredibel.

Jason Orlean Disebut Mirip Sosok Menantu Donald Trump

Diperkenalkan pertama kali sebagai kepala staf Gedung Putih Presiden Orlean yang arogan, kita akhirnya mengetahui bahwa Jason adalah putra kandungnya. Meskipun Presiden Trump tak pernah cukup berani untuk menunjuk salah satu dari anak-anaknya sebagai kepala staf, menurut berbagai laporan tentang Gedung Putih Trump, dia mungkin juga melakukannya.

Khususnya selama tahun pertama kepresidenan Trump, laporan secara konsisten menggambarkan menantu Trump, Kushner, dan putrinya Ivanka sebagai pemimpin Gedung Putih dan selalu bertentangan dengan kepala staf pertama Trump, Reince Priebus.

Sementara peran mereka dalam mengelola kepresidenan diduga memudar beberapa tahun kemudian, menantunya tetap menjadi pemecah masalah dan ide utama Presiden Trump. Trump menunjuk Kushner untuk mengawasi sebagian besar tanggapan federal terhadap Covid-19, meskipun menantunya sama sekali tak berpengalaman dalam menangani virus, pandemi, atau kondisi darurat nasional.

Peter Isherwell Membawa Sifat-Sifat CEO Teknologi Saat Ini

Dalam film ini, Peter adalah CEO dari sebuah perusahaan yang sangat mirip dengan Apple. Mengingat kekagumannya dari sisi konsumen. Bahkan penggambaran anak-anak untuknya dan smartphone baru yang dia rilis setiap tahun. Dengan cara ini, dia jelas sangat mirip dengan Steve Jobs.

Namun, Peter juga menggabungkan elemen dari pakar teknologi terbaru lainnya. Termasuk yang paling jelas ada Elon Musk, CEO Tesla, Inc., dan pendiri SpaceX. Seperti Peter, Elon adalah sosok yang bisa dibilang dingin. Ia menganggap dirinya adalah penyelamat umat manusia dengan tekad untuk memimpin SpaceX menjajah Mars.

Namun, cara dia menggunakan smartphone untuk melacak dan mendata orang-orang ke titik di mana dia pikir algoritmenya dapat memprediksi penyebab kematian juga merupakan rahasia umum banyak perusahaan teknologi di abad ke-21. Tetapi yang paling jelas di sini adalah sindiran untuk Facebook, yang sekarang menjadi bagian dari perusahaan Meta. Yang dijalankan oleh CEO Mark Zuckerberg.

Seperti Peter, para pengamat teknologi memuja Mark, Facebook, dan media sosial yang telah memberi jalan bagi keputusasaan. Setelah media sosial terbukti menjadi tempat berkembang biaknya informasi yang salah, manipulasi, dan destabilisasi politik.

Fakta itu didukung oleh seorang mantan karyawan Facebook bersaksi di depan Senat A.S. bahwa perusahaan tersebut diduga menempatkan keuntungan di atas keselamatan publik.

Well, itu adalah deretan sosok penting di dunia nyata yang dibawa ke dalam film Don’t Look Up. Selain Leonardo dan Jennifer, ada banyak bintang lain yang juga bergabung dalam drama komet ini. Di antaranya, Ariana Grande, Timotheè Chalamet, Cate Blanchett dan Kid Cudi. Film ini bisa kalian tonton di Netflix sekarang.(*)

 

Related Articles
Entertainment
Apakah ‘Don’t Look Up’ Berdasarkan Kisah Nyata? Ini Faktanya!

Entertainment
Mungkinkah ‘Moonfall’ Benar-benar Terjadi?

Entertainment
Leonardo DiCaprio & Jennifer Lawrence Digaji Ratusan Miliar di 'Don't Look Up'