Entertainment

Tom Holland Bantah Pendapat Martin Scorsese tentang Film Superhero

Jingga Irawan

Posted on December 25th 2021

Tom Holland menyerang balik Martin Scorsese. Setelah sutradara berusia 79 tahun itu menyebut film-film Marvel ‘bukan seni untuk bioskop’. Bintang Spider-Man: No Way Home itu baru-baru ini berbagi pemikirannya tentang penilaian kritis terhadap genre superhero.

Martin sendiri merupakan salah satu sutradara paling berpengaruh dalam sejarah film. Ia mengungkapkan pandangannya dalam sebuah opini pad 2019 di The New York Times tentang film superhero. Ia menulis bahwa film-film superhero tak memiliki makna, misteri, atau rasa emosional sejati. Dan film-film itu dibuat hanya untuk memenuhi tuntutan penggemar.

"Kalian bisa bertanya kepada Martin Scorsese, 'Apakah kamu ingin membuat film Marvel?' tapi dia nggak tahu seperti apa rasanya karena dia bahkan nggak pernah membuatnya," ucap Tom, yang juga pernah membintangi film seperti The Impossible dan The Devil All the Time.

"Aku sudah membuat film-film Marvel dan aku juga pernah membuat film-film yang menjadi perbincangan di dunia Oscar, dan satu-satunya perbedaan adalah yang satu jauh lebih mahal dari yang lain," lanjutnya.

"Tapi caraku menguraikan karakter, cara sutradara menguraikan alur cerita dan karakter, semuanya sama, hanya dilakukan pada skala yang berbeda. Jadi aku pikir itu (genre superhero) adalah seni yang nyata."

Tom Holland menambahkan bahwa tim Avengers-nya akan mendukung pendapat itu.

"Ketika kalian membuat film-film ini, kalian akan tahu baik atau buruknya, jutaan orang akan melihatnya, sedangkan ketika kalian membuat film indie kecil, jika nggak terlalu bagus, nggak ada yang akan menontonnya, jadi itu datang dengan tingkat tekanan yang berbeda,” ujarnya.

"Ayo coba tanya kepada Benedict Cumberbatch atau Robert Downey Jr. atau Scarlett Johansson, orang-orang yang telah membuat jenis film 'layak Oscar' dan juga membuat film superhero. Mereka akan memberi tahu kalian bahwa kedua genre sama bagusnya, hanya pada skala yang berbeda."

Presiden Marvel Studios Kevin Feige juga mengatakan kepada The Hollywood Reporter dalam wawancara bahwa dia berharap badan pemberi penghargaan seperti Academy Awards menyadari kesenian dengan blockbuster populer.

“Aku pikir kedua jenis film ini layak mendapat pengakuan,” katanya. "Itu merupakan hal yang baik ketika orang-orang berada di teater dan mereka berdiri dan bersorak. Hal yang baik ketika orang-orang menghapus air mata karena mereka memikirkan kembali 20 tahun terakhir mereka menonton film dan apa artinya bagi mereka.”(*)

Foto: The Verge

Artikel Terkait
Entertainment
Fans Takut ‘No Way Home’ Ditunda, Presiden Marvel: Saya Jamin Akan Ada Trailer

Entertainment
Tom Holland Bantu Jake Gyllenhaal Atasi Cemas Saat Syuting ‘Far From Home’

Entertainment
Banyak Keanehan, Fans Jangan Gampang Percaya Trailer ‘Spider Man: No Way Home’