Entertainment

Dugaan Pelanggaran Kontrak, 5SOS Dituntut Rp 35 Miliar oleh Manajemen Lama

Kezia Kevina Harmoko

Posted on December 24th 2021


(Foto: Newspix/Getty Images)

5 Seconds of Summer baru-baru ini dituntut oleh manajemen lamanya, YM&U Group, karena dugaan pelanggaran kontrak. Perusahaan manajemen itu menuntut 5SOS USD 2,5 juta (sekitar Rp 35 miliar) akibat kerugian yang ditimbulkan.

Dalam dokumen yang didapatkan Billboard (via NME), 5SOS dituduh tidak memberikan bagian keuntungan dari kesepakatan yang berhasil didapatkan. YM&U Group menyebut mereka membantu 5SOS meraih kesepakatan tersebut.

Dua dari kesepakatan itu adalah kontrak senilai USD 10 juta (sekitar Rp 142 miliar) dengan label musik BMG dan kontrak dengan Bravado International Group untuk merchandise senilai USD 1,5 juta (sekitar Rp 21,3 miliar). Dari dua kesepakatan tersebut, YM&U mengklaim bahwa mereka seharusnya mendapatkan bagian.

Untuk kesepakatan dengan BMG, 5SOS telah menerima USD 5,5 juta (sekitar Rp 78 miliar). YM&U Group menyebut bahwa mereka seharusnya menerima 15% dari jumlah tersebut yaitu USD 825.000 (sekitar Rp 11,7 miliar).

Pihak terlapor dalam kasus ini adalah seisi anggota 5SOS yaitu Luke Hemmings, Calum Hood, Ashton Irwin, dan Michael Clifford serta manajer 5SOS yaitu Benjamin Evans. Sang manajer disebut telah bekerja sama dengan 5SOS sebelum band itu bekerja sama dengan YM&U Group. Saat 5SOS telah memutuskan hubungan dengan YM&U Group, Evans kembali menjadi manajer band tersebut.

Evans disebut mendorong 5SOS untuk tidak membayar perusahaan manajemen tersebut sehingga bagian yang seharusnya dibayarkan bisa berkurang.

Di luar itu, awal Desember ini 5SOS merayakan anniversary mereka yang ke-10 dengan merilis lagu 2011. Mari kita nantikan bagaimana kasus ini akan berjalan. Semoga segera menemukan solusi adil buat semua pihak.(*)

Related Articles
Entertainment
5SOS Rilis Lagu Baru ‘2011’, Rayakan Anniversary ke-10 dengan Bernostalgia

Entertainment
5SOS Rilis Lagu Baru ‘Complete Mess’, Kacau Ditinggal Orang Terkasih

Entertainment
5SOS Rilis MV ‘Me Myself & I’, Tiap Personil Tampil Kece Banget