Tech

Intip 5 Fitur Baru yang Mungkin Muncul dalam Android 13

Delima Pangaribuan

Posted on December 24th 2021

(Sam Rutherfold, Gizmodo)

Peluncuran Android 13 masih lamaaa banget. Operation system keluaran Google ini diperkirakan baru meluncur ke publik antara September atau Oktober 2022. Namun, gadget enthusiast selalu ingin tahu update terbaru dan terkini dari OS favorit mereka.

Mengutip Gizmodo, MainMain bakal 'ngebocorin' juga update Android 13 yang sudah muncul ke permukaan sejauh ini. Fitur-fitur bocoran ini sudah jadi perbincangan di situs XDA Developers yang merupakan 'sumber informasi dengan akses dini ke pengembangan Android 13'. 

Pertama, user interface (UI). Tampilannya untuk sementara masih identik sama OS terakhir yang keluar. Namun, masih ada kemungkinan berubah, sih. Rencananya Google akan meluncurkan versi beta sekitar musim semi 2022 (Maret-Mei).

Kedua, penamaan. Dari dulu, Android kerap diberi nama-nama dessert sesuai abjad. Namun, tradisi itu agak berbelok sejak Android 10 karena susah cari nama dessert berawalan Q. Tradisi itu kemungkinan akan digunakan lagi di Android 13 itu dengan nama 'Tiramisu'. Nama ini juga kerap digunakan dalam perbincangan di XDA Developers. Tapi ini belum jadi nama resmi, ya.

Ketiga, Panlingual. Apa itu? Panlingual merupakan fitur di mana pengguna OS bisa mengatur bahasa per aplikasi. Kalau sekarang kan, setting bahasa di perangkat kita memang bisa diubah, tapi itu berlaku untuk semua aplikasi. Nah, dengan fitur Panlingual, pengguna bisa mengatur bahasa yang berbeda-beda di setiap aplikasi. Nantinya fitur ini direncanakan masuk dalam setting baru 'App Language'.

Keempat, The Android Resource Economy. Ini adalah julukan untuk fitur baru yang kemungkinan masuk dalam Android 13, yakni sistem kredit baterai. Maksudnya gimana? Jadi ini berkaitan dengan penggunaan daya baterai. Fitur ini bisa mengatur penggunaan aplikasi sesuai daya baterai. 

Misalnya kita mau menggunakan aplikasi Instagram. Untuk menjalankan suatu fungsi (misal menonton IGTV), maka diperlukan sekian kredit sesuai daya baterai yang tersisa. Kalau kreditnya terlalu sedikit, bisa jadi kita nggak bisa nonton IGTV. 

Fitur ini sendiri dirancang untuk menjaga baterai ponsel agar dayanya nggak terlalu terkuras untuk fungsi-fungsi yang nggak urgent. Namun, bagaimana sistem kredit ini berjalan masih belum pasti dan mungkin akan ada penyempurnaan.

Kelima dan terakhir, Google akan menyempurnakan tampilan jam di lock screen pada Android 13 ini. Kalau sekarang, tampilan jam lock screen biasanya terbagi jadi dua baris (atas dan bawah) pas nggak ada notifikasi. Nah, di Android 13 nanti, tampilannya akan dibuat sebaris saja meski tidak ada notifikasi. Entah ini berpengaruh besar atau nggak, tapi mungkin ada banyak user yang kurang nyaman dengan tampilan jam dua baris.

Jadi itulah update terbaru dari perkembangan Android 13. Menurut Sobat MainMain, apa lagi yang perlu ditambahkan ke Android 13? (*)

 

Artikel Terkait
Tech
Android 13 Hadir di Google Pixel Mulai Hari Ini

Tech
Bocoran Fitur Android 13: Ganti Profil dan Scan QR dari Lock Screen

Tech
Pengumuman Besar Google di I/O 2022, Mulai Pixel Watch Sampai Kacamata AR